Nobar Debat Pilpres di Bali, Ketua Tim TKD Singgung Remisi Susrama

#Debatke2 Gimana tanggapanmu soal debat kali ini?

Denpasar, IDN Times - Sekitar 1200 orang pendukung Joko Widodo-Ma'aruf Amin memadati Desa Budaya Kertalangu, Denpasar, Minggu (17/2) malam. Mereka datang dalam rangka menyaksikan debat Capres yang bertema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Seperti apa kondisinya?

1. Dihadiri mahasiswa, dosen hingga profesor di Bali yang bukan ASN

Nobar Debat Pilpres di Bali, Ketua Tim TKD Singgung Remisi SusramaIDN Times/Imam Rosidin

Kepala Tim Kemenangan Daerah (TKD) Bali, IGN Kesuma Alit Kelakan, mengatakan menyaksikan nobar debat semacam ini sangat penting bagi para pendukungnya dan masyarakat umum. Menurutnya, diperkirakan yang hadir 1200 orang dari kalangan mahasiswa dan dosen-dosen di Bali yang bukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Kemarin kami juga ada forum intelektual lain, ada profesor-profesor juga. Kami berharap forum ini dikembangkan ke kalangan intelektual lain," katanya di sela-sela nobar.

Baca Juga: 9 Cara Mengatur Uang Biar Tak Melarat di Akhir Bulan, Buat Perantau!

2. Kelakan menyinggung soal Remisi Susrama

Nobar Debat Pilpres di Bali, Ketua Tim TKD Singgung Remisi SusramaDok.IDN Times/Solidaritas Jurnalis Bali

Ia melanjutkan, nobar debat juga bagian dari demokrasi partisipatoris. Menurutnya, ini penting untuk mengedukasi masyarakat yang calonnya sedang memaparkan visi misinya.

Sementara terkait tema target suaranya, Kelakan masih sangat optimis bakal meraih 80 persen suara di Bali. Ia juga yakin keputusan remisi kepada I Nyoman Susrama tak berpengaruh terhadap suara Jokowi di Bali.

"Berdampak tapi tak signifikan, ketika ada isu-isu kami di daerah berusaha untuk menjelaskan. Salah satunya remisi itu pemilih kaget saja namun kan langsung dicabut. Jadi, tak mempengaruhi target," jelasnya.

Baca Juga: Jubir BPD Bali Menyebut Prabowo Lebih Sabar

3. Debat Pilpres 2019 dimanfaatkan untuk deklarasi forum intelektual muda di Bali

Nobar Debat Pilpres di Bali, Ketua Tim TKD Singgung Remisi SusramaIDN Times/Imam Rosidin

Dalam nobar tersebut juga dilakukan deklarasi forum intelektual untuk Jokowi. Forum ini merupakan para intelektual dan intelektual muda dari seluruh Bali yang mempunyai visi sama dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Terutama dalam rangkaian Pilpres 2019. Kami sebagai kaum intelektual dan setelah melakukan analisis kami menganggap diantar dua calon itu kami menganggap calon yang nomor 1 memberikan prospek yang lebih bagus terhadap bangsa Indonesia ke depan," kata I Made Bakta, koordinator Forum Intelektual for Jokowi.

4. Anggota forum intelektual beranggotakan 1200 orang

Nobar Debat Pilpres di Bali, Ketua Tim TKD Singgung Remisi SusramaIDN Times/Imam Rosidin

Dari catatannya, mereka sudah bergabung sebanyak 1200 kaum intelektual. Terdiri dari 15 profesor, 50 doktor, hampir 200 master, dan intelektual muda seperti mahasiswa dan sebagainya.

"Tentu yang pertama adalah deklarasi, kami melakukan deklarasi sebagai tonggak pertama sebagai berdirinya forum intelektual Jokowi ini dan setelah itu tim kampanye daerah Bali akan melanjutkan nonton bareng debat Capres," jelasnya.

5. Pemerintahan saat ini fokus membangun energi terbarukan di Bali

Nobar Debat Pilpres di Bali, Ketua Tim TKD Singgung Remisi Susrama.digitaltrends.com

Pasca debat, Kelakan memprediksi Jokowi telah menguasai materi. Apalagi saat tema energi. Ia menuturkan, pemerintahan saat ini fokus membangun energi terbarukan di Bali. Pasalnya, di Bali sendiri tidak memiliki energi yang bisa digali seperti daerah lain.

"Karena di Bali kan tak memiliki energi yang bisa digali seperti di daerah lain. Oleh karena itu penting energi terbarukan ini," ujarnya.

Disinggung soal izin lokasi yang diterbitkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ia mengatakan tidak akan berdampak pada suara di Bali. Menurutnya, masyarakat sudah memahami bahwa izin itu terkait dengan kebijakan.

"Gubernur secara kan kader PDIP Perjuangan dan pendukung Jokowi. Jadi sudah dijawab secara tidak langsung (Dengan mengirimakn surat kepada Jokowi agar merevisi Perpres Teluk Benoa," katanya.

Baca Juga: Inilah Aturan Memasang Bendera Parpol di Rumah Tetangga

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya