[Foto] Nobar Kubu Jokowi-Ma'ruf di Kuta, Jadi Wadah Edukasi Warga

#DebatPilpres2019 Siapa yang lagi nobar di Bali?

Badung, IDN Times - Debat perdana Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) 2019 yang ditayangkan secara langsung di stasiun televisi menyita perhatian publik Bali. Debatnya sendiri akan diperkirakan berlangsung pukul 19.00 Wita. Tema debat kali ini adalah Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi, dan Terorisme.

Dua kubu pasangan yang berada di Bali menggelar nonton bareng. Untuk kubu Prabowo-Sandiaga Uno diadakan di Renon, Denpasar. Sedangkan kubu Joko Widodo Ma'aruf Amin diadakan di GOR Segara Perancak, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung.

1. Nobar jadi tempat edukasi buat masyarakat agar tahu politik dan mengerti program yang diusung capres-cawapres

[Foto] Nobar Kubu Jokowi-Ma'ruf di Kuta, Jadi Wadah Edukasi WargaKetua Tim Pemenangan Daerah Koalisi Indonesia Kerja Jokowi-Ma'ruf, I Gusti Ngurah Alit Kesuma Kelakan. (IDN Times/Imam Rosidin)

Ketua Tim Pemenangan Daerah Koalisi Indonesia Kerja Jokowi-Ma'ruf, I Gusti Ngurah Alit Kesuma Kelakan, mengatakan tujuan diadakan acara nobar ini sebagai wujud dari demokrasi partisipatoris, serta edukasi politik masyarakat agar bisa melihat dan menilai visi misi calon yang ia dukung serta pemahaman terhadap program-program unggulannya.

Ia menegaskan, target suara di Bali masih tetap sama, yakni sekitar 85 persen.

"Masyarakat dan pendukung yang hadir dalam nobar ini juga bisa terlibat langsung dalam diskusi ini nantinya," katanya.

Baca Juga: Medsos Dianggarkan Rp9 Jutaan, Berapakah Dana Kampanye Prabowo-Sandi?

2. Masyarakat bisa melihat program yang diusung Jokowi-Ma'ruf

[Foto] Nobar Kubu Jokowi-Ma'ruf di Kuta, Jadi Wadah Edukasi WargaIDN Times/Imam Rosidin

Ia melanjutkan, debat ini juga untuk mempertegas tentang visi misi Jokowi dan program unggulan yang bisa dirasakan masyarakat. Masyarakat bisa melihat program-program tersebut saat debat nanti.

"Jadi bukan hanya soal wacana. Ini bisa dilihat saat dipaparkan nanti," imbuhnya.

3. Jokowi dinilai bisa meminimalisir kejadian, terutama soal Papua

[Foto] Nobar Kubu Jokowi-Ma'ruf di Kuta, Jadi Wadah Edukasi WargaIDN Times/Imam Rosidin

Ditanya apakah Jokowi bisa kuasai panggung terkait tema debat kali ini, Kelakan mengatakan sangat bisa. Terkait Hak Asasi Manusia (HAM), ia mengatakan persoalan tersebut adalah bagian dari masa lalu.

Ia menilai Jokowi sudah bisa meminimalisir kejadian. Sementara terkait Papua, ia mengungkapkan Jokowi telah melakukan pembangunan-pembangunan di Papua.

"Ini proses yang panjang Jokowi sudah berupaya menyelesaikannya dengan baik. Diimbangi pembangunan-pembangunan di Papua. Sekarang Jokowi berupaya menata Papua," ucapnya.

Baca Juga: Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Ada yang Berasal dari Bunga Rekening

4. Kasus Teluk Benoa apakah menggerus suara Jokowi di Bali?

[Foto] Nobar Kubu Jokowi-Ma'ruf di Kuta, Jadi Wadah Edukasi WargaIDN Times/Imam Rosidin

Terkait izin lokasi di Teluk Benoa apakah menggerus suara Jokowi, ia mengungkapkan tidak akan berpengaruh atau kecewa. Menurutnya, masyarakat Bali tak akan begitu saja mengaitkan antara hal tersebut dengan pemilihan presiden kali ini.

"Masyarakat Bali sudah bijak memilah mana yang persoalan kasuitis dan mana yang Jokowi. Jadi, tak akan mengaitkan begitu saja," katanya.

5. Diklaim dihadiri lebih dari empat ribu orang

[Foto] Nobar Kubu Jokowi-Ma'ruf di Kuta, Jadi Wadah Edukasi WargaIDN Times/Imam Rosidin

Sementara itu, Direktur Penggalangan Dana Tim Pemenangan Daerah Bali, Agung Surya Wibawa, mengatakan pihaknya telah menyebar 2500 undangan. Kendati demikian, ia memperkirakan jumlah peserta yang hadir bisa lebih dari itu bahkan diklaim lebih dari 4 ribu orang.

"Kita sudah 100 persen siap. Kita menyebar 2500 undangan, dan mungkin bisa lebih," terangnya.

Dalam nobar kali ini, panitia akan menyediakan acara seperti musik, roadshow, dan sesi wawancara sebelum acara debat. Juga pengenalan program dan visi misi pasangan calon yang didukung.

Pantauan di lokasi, pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf sudah mulai berdatangan ke GOR Segara Perancak sejak pukul 18.00 Wita. Di luar GOR juga banyak berkerumun para pendukung. Kebanyakan dari mereka berpakaian serba putih.

Di luar GOR, panitia juga menyediakan layar lebar untuk pendukungnya yang tak kebagian kursi di dalam.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya