Kota Denpasar Hujan Abu! Gunung Agung Erupsi Lagi

Gak hanya Denpasar. Tiga kabupaten di Bali juga hujan abu

Karangasem, IDN Times - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem kembali mengalami erupsi, Minggu (21/4) dini hari sekitar pukul 03.21 Wita. Laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan, tinggi kolom abu kurang lebih dua ribu meter di atas puncak. Hujan abu sendiri dilaporkan terjadi hingga ke Denpasar.

1. Denpasar juga terpapar abu

Kota Denpasar Hujan Abu! Gunung Agung Erupsi LagiDok.IDN Times/Istimewa

Dalam laporan tersebut, erupsi gunung setinggi 3.642 meter di atas permukaan laut ini, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Pos Pengamatan Gunung Agung PVMBG merekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi kurang lebih 2 menit 55 detik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, IB Joni Arimbawa, mengatakan erupsi tersebut juga menyebabkan hujan abu menyebar di sejumlah lokasi. Pihaknya sendiri telah membagikan masker kepada penduduk di sekitar Car Free Day Renon dan Pasar Penatih.

"Diimbau masyarakat siapkan masker di rumah masing-masing," kata dia kepada wartawan, Minggu (21/4) pagi.

Baca Juga: Aman! Bandara Ngurah Rai Masih Beroperasi Normal Meski Hujan Abu

2. Tiga Kabupaten lain juga kena hujan abu

Kota Denpasar Hujan Abu! Gunung Agung Erupsi LagiDok.IDN Times/Istimewa

Selain itu, sejumlah desa di Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Bangli juga turut terpapar hujan abu dengan intensitas tipis hingga tebal.

Daerah tersampak hujan abu di Kecamatan Selat, Karangasem di antaranya Bukit Galah, Sebun, Telung Bhuana, Badeg Tengah, Badeg Dukuh, Perang Sari, Geriana Kauh, Tegeh Amertha Bhuana, Pura Pasar Agung Sebudi, Banjar Pura Sebudi.

Kemudian di Kecamatan Bebandem di antaranya Banjar Nangka, Banjar Bukit Paon, wilayah Banjar Butus bagian atas, Banjar Yeh Kori Jungutan, Desa Sibetan bagian atas.

3. Meski begitu, status Gunung Agung masih siaga

Kota Denpasar Hujan Abu! Gunung Agung Erupsi LagiDok.IDN Times/Istimewa

Untuk diketahui, Gunung Agung saat ini berada pada Status Level III (Siaga). Masyarakat di sekitar Gunung Agung diminta agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual dan terbaru.

Selain itu, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi.

Terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya