Koster Kampanye Jokowi di Acara Polda Bali: Tunjuk Satu Semua!

Gimana reaksi Pak Kapolda Bali ya?

Denpasar, IDN Times - Gubernur Bali, I Wayan Koster, menghadiri acara Milenial Road Safety Festival yang diadakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Bali, di Lapangan Renon, Denpasar, Minggu (17/2) sore. Dalam acara yang dihadiri ribuan peserta tersebut, Koster melakukan ajakan kampanye dukung Calon Presiden Nomor urut 01, Joko Widodo.

1. Awalnya Koster menyampaikan soal program Jokowi terkait keselamatan berlalu lintas di jalanan

Koster Kampanye Jokowi di Acara Polda Bali: Tunjuk Satu Semua!Facebook.com/PemerintahanProvinsiBali

Saat mendapatkan kesempatan menyampaikan sambutan, Koster awalnya mengatakan soal festival keselamatan berlalu lintas di jalanan yang diprogramkan oleh pemerintahan Joko Widodo. Menurutnya, program ini sangat penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, khususnya generasi muda.

"Mengingat keselamatan merupakan faktor utama di dalam menjalankan roda kehidupan kita melalui gerakan di jalan yang kita lewati di seluruh daerah Provinsi Bali. Salah satu yang menjadi program sasaran untuk program ini adalah generasi muda millennial," katanya.

2. Koster kampanye Jokowi di akhir acara: "Mari kita acungkan tangan adik-adik generasi muda, angkat tangan! Tunjuk satu semua"

Koster Kampanye Jokowi di Acara Polda Bali: Tunjuk Satu Semua!Facebook.com/PemerintahanProvinsiBali

Ajakan Koster untuk memilih Jokowi tersebut justru dilakukan di akhir-akhir sambutannya. Di hadapan para peserta yang hadir, Koster lantas memaparkan mengapa harus memilih Jokowi. Menurutnya, dengan mendukung Jokowi maka ikut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika serta menjaga keutuhan bangsa.

"Pada pemilihan Presiden yang akan datang ini, tanggal 17 April 2019 yang akan datang, saya mengajak adik-adik generasi muda millennial untuk kembali mendukung dan memberikan kesempatan kepada Bapak Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia periode yang kedua. Setuju apa tidak? Setuju apa tidak? Setuju? Demi Negara kesatuan Republik Indonesia, demi Pancasila, demi Bhinneka Tunggal Ika dan demi persatuan kesatuan Republik Indonesia," pekiknya sembari di antara peserta meneriakkan setuju hingga tiga kali.

Tak hanya itu. Ia lalu mengajak para peserta yang hadir supaya mengacungkan tangan dan menunjuk angka satu. "Mari kita acungkan tangan adik-adik generasi muda, angkat tangan! Tunjuk satu semua. Hidup nomor satu! Menangkan nomor satu! Hidup Joko Widodo! Menang! Terima kasih," teriaknya.

Baca Juga: Bawaslu: Pejabat Negara Dilarang Kampanye Pakai Fasilitas Pemerintahan

3. Mengaku dilakukan secara spontanitas dan tepat di hari libur

Koster Kampanye Jokowi di Acara Polda Bali: Tunjuk Satu Semua!Facebook.com/PemerintahanProvinsiBali

Usai sambutan, kepada awak media, Koster mengungkapkan hal yang dilakukannya merupakan spontanitas. Ia berdalih bahwa dirinya datang sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan. Jadi memiliki tanggung jawab untuk memenangkan Jokowi dalam Pilpres mendatang.

"Karena itu saya kira, mumpung ini hari libur sekaligus saya mengajak generasi muda atau generasi millennial ini untuk mencintai presidennya, menghormati presiden yaitu bapak Joko Widodo dan agar memenangkan, mendukung bapak Joko Widodo untuk tampil kembali sebagai presiden periode kedua pada tanggal 17 April 2019 sampai 2024," jelasnya.

"Kapasitas saya ya sebagai ketua partai dan sebagai gubernur, kan sekarang hari libur boleh saja. Hari libur bebas," lanjutnya.

4. Lalu apa tanggapan Kapolda Bali atas kejadian ini?

Koster Kampanye Jokowi di Acara Polda Bali: Tunjuk Satu Semua!IDN Times/Imam Rosidin

Di lokasi yang sama, Kapolda Bali, Irjen Petrus R Golose, mengatakan acara tersebut murni untuk sosialisasi keselamatan berkendara, bukan bertujuan untuk kampanye . "Kalau tadi Bapak Gubernur sedikit agak kampanye bukan tujuan kami," jelasnya.

Golose lantas memaparkan soal 403 generasi millennial yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas dalam tiga tahun terakhir. Menurutnya, jumlah tersebut lebih banyak dari perang di Suriah dan korban Bom Bali 2002. Untuk itu, keselamatan berlalu lintas menjadi fokus untuk meminimalisir korban.

Baca Juga: Ombudsman Menyayangkan Koster Kampanye Jokowi di Acara Polda Bali

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya