Comscore Tracker

Kosan di Pemogan Terbakar, Dipicu Gas Bocor yang Dimasukkan Ember

Lho, kok?

Denpasar, IDN Times - Kebakaran kembali terjadi di Denpasar, Kamis (10/1) pagi. Si jago merah melahap tiga kamar kos di Jalan Tukad Baru Barat, Pondok Rukun Blok H Nomor 2, Desa Pemogan, Denpasar Selatan. Apa pemicu kebakarannya?

1. Pemilik warung alami luka bakar

Kosan di Pemogan Terbakar, Dipicu Gas Bocor yang Dimasukkan EmberIDN Times/Imam Rosidin

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ari Wibawa, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 Wita. Kebakaran tersebut mengakibatkan seorang perempuan bernama Ayu Sri Ningsih (45) alami luka bakar.

"Luka yang dialami luka bakar pada tangan, wajah, dada, dan perut. Korban sudah dibawa ke RSUP Sanglah untuk mendapatkan perawatan intensif," katanya, Kamis (10/1).

Ia menambahkan, kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian kurang lebih puluhan juta Rupiah. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.30 Wita dengan bantuan tiga mobil pemadam kebakaran.

Baca Juga: 25 Kg Ganja Masuk ke Bali, BNNP Buru Jaringan Medan & Lapas Kerobokan

2. Pemicunya berasal dari gas bocor

Kosan di Pemogan Terbakar, Dipicu Gas Bocor yang Dimasukkan EmberIDN Times/Imam Rosidin

Kanit Reskrim Polsek Denpasar Selatan, Iptu Hadimastika K Putro, mengungkapkan  dugaan awal penyebab kebakaran berasal dari kebocoran gas 3 kg. Gas tersebut berasal dari warung yang berdekatan dengan kamar kos.

"Keterangan saksi yang bernama Imam Syafei, saat itu sedang berada di kamar kosannya di blok H 1 dekat warung. Tiba-tiba saksi mendengar suara kebocoran gas warung milik Ayu Sri Ningsih di sebelah kamarnya," jelasnya.

3. Saksi dan korban awalnya sudah tahu jika gasnya bocor. Tapi...

Kosan di Pemogan Terbakar, Dipicu Gas Bocor yang Dimasukkan EmberIDN Times/Imam Rosidin

Mendengar hal tersebut, Imam langsung keluar menuju warung milik korban. Ternyata memang ada kebocoran gas. Imam lalu mengamankan dan memasukannya ke dalam ember berisi air di kamar mandi.

"Dikira sudah aman, saksi lalu keluar dan kembali ke kamar. Tak berselang lama, suara ledakan terdengar dan ada yang minta tolong," imbuhnya.

Saksi bersama warga lainnya lantas berusaha memadamkan api. Tapi api tersebut menyambar warung dan merembet ke kos-kosan di sampingnya.

"Mobil pemadam kebakaran datang tak lama setelah kejadian. Api lalu berhasil dipadamkan sejam kemudian," pungkasnya.

Topic:

  • Imam Rosidin
  • Irma Yudistirani

Just For You