Comscore Tracker

Dinas Pariwisata Pesimis Wisatawan Domestik Libur Lebaran di Bali

Kalau lebaran, kamu memanfaatkan liburan juga gak?

Denpasar, IDN Times - Beberapa daerah lain di Indonesia mungkin akan 'kehilangan' warganya saat momen libur panjang lebaran. Maksudnya, warga akan lebih banyak pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarganya. Biasanya pemandangan berbeda justru terjadi di Pulau Bali. Sebab wisatawan domestik juga akan memanfaatkan waktu lebarannya untuk berlibur ke Bali. Tapi apakah tahun ini akan sama? Mengingat harga tiket pesawat domestik masih mahal.

1. Dinas pariwisata pesimis pengunjung domestik akan meningkat selama lebaran

Dinas Pariwisata Pesimis Wisatawan Domestik Libur Lebaran di BaliIDN Times/Rahmat Arief

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Gede Yuniartha Putra, pesimis akan ada peningkatan kedatangan wisatawan domestik pada momen libur lebaran nanti. Pasalnya, hingga kini harga tiket domestik masih dianggap terlampau mahal.

"Ini pasti turun, sekarang saja turunnya 11-12 persen untuk domestik. Ini kan lumayan banyak," kata dia, Kamis (23/5) lalu.

2. Tetap berharap Bali jadi pilihan wisatawan domestik untuk berlibur

Dinas Pariwisata Pesimis Wisatawan Domestik Libur Lebaran di BaliIDN Times/Imam Rosidin

Meski pesimis, ia berharap Bali tetap bisa dinikmati dan wisatawan domestik tetap datang ke Bali. Namun untuk memprediksi berapa angka penurunannya, ia belum bisa mengatakannya.

"Kunjungan domestik turun sejak Januari. Domestik ini sulit dibilang (Prediksi) dan beda dengan mancanegara. Kalau domestik ini masuknya bisa dari Benoa, Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Padang Bai. Kita sama dengan Badan Pusat Statistik yang dalam waktu tiga bulan baru kelihatan (Kumlah wisdom)," ujar dia.

3. Untuk mendatangkan wisatawan domestik masih menggunakan strategi sama. Yaitu promosi secara terus menerus

Dinas Pariwisata Pesimis Wisatawan Domestik Libur Lebaran di Baliinstagram.com/platinumtravel.bdg

Untuk mendatangkan wisatawan domestik masih menggunakan strategi sama. Yaitu promosi secara terus menerus dan sales mission. Menurutnya, pengusaha di Bali tak akan pernah menyerah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Pengusaha pariwisata di Bali tak pernah nyerah, kita promosi terus, sales mission terus," ungkapnya.

4. Bali masih aman untuk dikunjungi

Dinas Pariwisata Pesimis Wisatawan Domestik Libur Lebaran di Balimybestplace.com

Terkait keamanan di Bali pada libur lebaran nanti, ia optimis tidak akan ada kendala. Karena keamanan sifatnya menyeluruh dan tidak bisa hanya memperhatikan di satu tempat, karena yang lain harus diperhatikan. Bali merupakan pulau kecil dengan sembilan Kabupaten dan Kota yang jaraknya tak terlalu jauh.

"Koordinasinya bagus, lebih mudah terpantau untuk hal semacam itu," jelasnya.

Baca Juga: [UPDATE] Tiket Masuk 6 Lokasi Wisata di Bali Naik, ini Daftar Harganya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You