Cerita Buronan Rusia di Bali, Kabur Telanjang dan Bisa Melepas Borgol

Gak makan dan minum juga selama pelarian

Denpasar, IDN Times - Petugas polisi berhasil menangkap warga negara Rusia, Andrei Spiridonov, yang sempat kabur dari Kepolisian Daerah (Polda) Bali, Minggu (28/4) pukul 22.48 Wita. Ia ditangkap di wilayah Jalan Gatot Subroto Timur, dekat lampu merah Tohpati arah utara. Ia ditemukan dalam kondisi telanjang.

Ia merupakan tersangka dalam kasus narkoba. Saat kabur, ia berhasil membuka borgol yang membelenggu kedua tangan dan kakinya, lalu kabur melalui ventilasi kamar mandi di ruangan Direktrorat Res Narkoba Polda Bali. Bagaimana ceritanya?

1. Bukan yang pertama. Tersangka sudah berulang kali mencoba kabur sejak pertama kali ditangkap

Cerita Buronan Rusia di Bali, Kabur Telanjang dan Bisa Melepas BorgolDok.IDN Times/Istimewa

Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Bali, Kompol Leo D Defretes, mengatakan tersangka memang berulang kali sempat berusaha kabur. Saat ditangkap pertama kali di Kantor Pos Renon, Denpasar, tersangka juga ingin kabur. Beruntung petugas berhasil mengamankannya.

"Memang yang bersangkutan dari mulai TKP (Tempat Kejadian Perkara) awal kantor Pos Renon sudah melakukan upaya-upaya untuk lari di TKP pertama. Tapi petugas berhasil mengamankannya," kata dia, Selasa (30/4).

"Sudah beberapa kali yang bersangkutan juga berusaha melarikan diri. Bahkan saat di Polda juga, tapi berhasil kita gagalkan," lanjutnya.

Baca Juga: WNA Rusia yang Kabur di Bali Impor Narkoba dari Belanda

2. Borgol yang membelenggu kedua tangan dan kakinya berhasil lepas. Gimana cara Andrei melepasnya?

Cerita Buronan Rusia di Bali, Kabur Telanjang dan Bisa Melepas BorgolDok.IDN Times/Istimewa

Ini yang unik. Sebelum kabur, Andrei sanggup melepas borgol yang menjerat kedua tangan dan kakinya di kamar mandi. Gimana cara dia bisa melepasnya? Leo mengungkapkan, borgol tersebut rupanya hanya dikait menggunakan plastik. Kemudian pelaku menggesek kait plastik tersebut ke engsel pintu yang tajam hingga terlepas.

"Emang dari yang bersangkutan kita interogasi pada Minggu, saat ke kamar mandi menggunakan engsel pintu yang tajam. Karena borgolnya dikaitkan plastik, dia gesekkan dan putus. Kemudian lompat dari jendela kamar mandi. Jadi ada borgol dikait tangan kaki, ada plastik yang dikaitkan kecil, ini yang digesekkan," katanya menerangkan.

3. Telanjang selama pelarian

Cerita Buronan Rusia di Bali, Kabur Telanjang dan Bisa Melepas BorgolDok. IDN Times/Istimewa

Selama pelariannya, tersangka lari ke daerah Tohpati, Denpasar. Ia bersembunyi di kebun milik penduduk. Anehnya, ia tak memakai sehelai satupun pakaian. Ia hanya menggunakan dedaunan dan rumput untuk menutupi tubuhnya. Bahkan selama dua hari jadi buronan, tersangka tak makan dan minum.

"Ternyata benar ia sembunyi di rumah yang sebelahnya ada semacam kebun. Ia sembunyi di kebun, dua hari keluar dilihat warga dan petugas masih standby," kata dia

"Ia menyamar dan sembunyikan badannya dan menyatu degan alam. Badannya dipenuhi tanaman dan masuk ke semak-semak," pungkasnya.

Baca Juga: WNA Rusia yang Kabur dari Polda Bali Ditangkap, Modusnya Pura-pura BAB

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya