Agenda Kongres PDIP Bali Hari Kedua, Ada Komisi Rehabilitasi juga

Siapa yang lagi ada di sini?

Denpasar, IDN Times - Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memasuki hari kedua di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Jumat (9/8). Hari ini agendanya adalah pembahasan lima komisi dan dua sub komisi.

1. Ada lima komisi yang melakukan sidang

Agenda Kongres PDIP Bali Hari Kedua, Ada Komisi Rehabilitasi jugaSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. (IDN Times/Imam Rosidin)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan ada lima komisi yang melakukan sidang. Di antaranya Komisi I tentang ideologi dan trisaksi. Komisi II tentang politik legislasi, anggaran, dan pengawasan. Komisi III adalah kebudayaan, komisi IV tentang pemenangan pemilu, dan komisi V tentang tata kelola partai.

"Jadi guideline bagaimana kebijakan politik didorong sebagai upaya ideologi Pancasila. Semua dalam satu nafas untuk menjadi partai pelopor," kata Hasto di lokasi kongres, Jumat (9/8).

3. Ada komisi rehabilitasi yang khusus membahas kader yang melakukan kesalahan

Agenda Kongres PDIP Bali Hari Kedua, Ada Komisi Rehabilitasi jugaIDN Times/Margith Juita Damanik

Selain sidang lima komisi, ada dua sub komisi yang juga sidang. Yakni Komisi Rehabilitasi dan Komisi Kepala Daerah. Terkait rehabilitasi, Hasto menuturkan sudah ada yang sempat dibahas pada Kamis (8/8) malam. Hanya saja ia enggan menyebutkan siapa saja kader PDIP yang direhabilitasi.

“Nanti dicek oleh pimpinan sidang dan baru akan dilaporkan di dalam pleno,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Sub komisi rehabilitasi diperuntukkan bagi kader yang melakukan kesalahan fatal dan dilakukan pemecatan. Para kader ini boleh menyampaikan pembelaan diri di komisi rehabilitasi. Namun tidak berlaku bagi kader yang melakukan tindak pidana korupsi dan melecehkan partai.

4. Megawati dikukuhkan jadi Ketum

Agenda Kongres PDIP Bali Hari Kedua, Ada Komisi Rehabilitasi jugaIDN Times/Margith Juita Damanik

Sebelumnya pada hari pertama, Megawati Soekarnoputri dikukuhkan menjadi Ketua Umum PDIP periode 2019-2024. Megawati dipilih secara aklamasi. Pengukuhannya sebagai pimpinan tertinggi partai dilakukan dalam Kongres V PDIP yang berlangsung di Sanur, Kamis (8/8).

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPD Kepri Suryo Respationo. Dia mengatakan, seluruh kader PDIP dari DPC, DPD, dan DPP telah sepakat menjadikan kembali Megawati sebagai Ketua Umum PDIP 2019-2024.

"Saya informasikan bahwa tadi dalam persidangan pandangan umum dari seluruh utusan, baik DPD, DPD tiap provinsi, DPC, DPC seluruh Indonesia juga perwakilan luar negeri tadi disampaikan perwakilan dari Belanda dan Malaysia, semuanya aklamasi memohon kesediaan Hajah Megawati Soekarnoputri untuk memimpin PDI Perjuangan untuk 2019-2024," kata Suryo usai pengukuhan di Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8).

Baca Juga: Cerita Risma Naik Ojol dari Bandara Ngurah Rai ke Kongres PDIP Bali

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya