Comscore Tracker

61 Persen Jemaah Haji Asal Bali Berusia Lansia

Mereka juga harus menunggu 19 tahun untuk berangkat haji

Denpasar, IDN Times - Sebanyak 1054 calon jemaah haji masih dalam tahap akhir manasik di masing-masing sembilan Kabupaten dan Kota di Bali. Jumlah di atas terdiri dari 700 jemaah reguler dan 354 jemaah tambahan. Usia para jemaah yang paling tua adalah 92 tahun.

1. Denpasar memiliki jemaah terbanyak di Bali

61 Persen Jemaah Haji Asal Bali Berusia Lansiaunsplash.com/@izuddinhelmi

Data dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Bali, Denpasar menjadi wilayah jemaah terbanyak dengan jumlah 301 orang, dan Badung dengan jumlah 163 orang. Manasik haji tahun 2019 dilangsungkan sejak 13 Juni hingga 30 Juni 2019 di masing-masing tempat yang telah disiapkan.

Khusus di Denpasar, manasik haji akan dilakukan di Masjid Al Qomar, Jalan Pura Demak, Denpasar tanggal 30 Juni.

H Nadlah Arifdi, Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Bali, mengatakan setelah manasik, jadwal selanjutnya adalah pamitan ke Gubernur Bali tanggal 10 Juli 2019. Kemudian pada tanggal 25 Juli akan embarkasi ke Surabaya. Selanjutnya berangkat ke tanah suci Makkah tanggal 26 Juli 2019.

"Itu seluruh rombongan dari Bali," kata dia saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (26/6).

2. Hampir 61 persen jemaah haji dari Bali masuk kategori lansia

61 Persen Jemaah Haji Asal Bali Berusia LansiaANTARA FOTO/REUTERS/Zohra Bensemra

Ia mengimbau kepada seluruh jemaah agar menjaga kebugaran tubuhnya. Pasalnya, di Arab Saudi saat ini telah memasuki musim panas.

"Kita imbau kepada jemaah haji agar segera melakukan kesehatan, kebugaran diri agar menghadapi panas di Saudi dan tidak terlalu kaget," ujar dia.

Ia merinci, hampir 61 persen jemaah yang berangkat dari Bali termasuk kategori lansia. Untuk usia tertua yakni 92 tahun, sementara yang termuda berusia 18 tahun.

"Untuk yang berangkat tahun ini 61 persen itu adalah termasuk kategori lansia atau risiko tinggi maka karena itu dokter kita perkuat," ungkap dia.

3. Harus serius belajar saat manasik

61 Persen Jemaah Haji Asal Bali Berusia LansiaIDN Times/Uni Lubis

Selain itu, para jemaah juga diimbau untuk memperhatikan dan belajar serius saat manasik haji. Menurutnya, biaya untuk haji mahal jadi saat berangkat diharapkan esensi ibadahnya benar-benar terlaksana.

"Karena bagaimanapun juga menanti cukup lama dan membayar cukup mahal tapi kalau esensi daripada hajinya juga maka akan percuma," katanya.

4. Mereka harus menunggu 19 tahun untuk berangkat haji

61 Persen Jemaah Haji Asal Bali Berusia LansiaDidit Hariyadi/IDN Times

Para jemaah haji di Bali masih berada di kisaran angka 19 tahun. Artinya, mereka yang mendaftar haji pada tahun ini, maka akan diberangkatkan 19 tahun kemudian. Biayanya untuk yang reguler saat ini berkisar Rp36 juta. Meski demikian, ada yang bisa langsung berangkat dengan membayar Rp72 juta.

"Kalau biaya itu ditentukan embarkasi Surabaya kurang lebih Rp36 juta. Jika berangkat langsung dia harus membayar penuh sekitar Rp72 juta," jelasnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You