Comscore Tracker

2 Ribu Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Kena Dampak Kebakaran

Mereka terbang lewat terminal internasional

Badung, IDN Times - Pihak Bandar Udara (Bandara) I Gusti Ngurah Rai memastikan operasional di terminal keberangkatan domestik ditutup hingga hari Sabtu (20/4). Penutupan itu terjadi karena dampak dari kebakaran yang terjadi pada pukul 16.50 Wita. Selain itu, area Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran masih steril untuk keperluan penyelidikan oleh pihak kepolisian.

"Untuk domestik kami rencanakan akan beroperasi kembali pada besok (20/4) normal. Malam ini kami persiapkan semua dari sisi teknis dan kami saat ini tak akan mengganggu objek TKP karena besok tim Labfor akan turun jam 9," kata Haruman Sulaksono, General Manager (GM) Angkasa Pura I.

1. Dua ribu penumpang domestik kena dampaknya

2 Ribu Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Kena Dampak KebakaranIDN Times/Imam Rosidin

Ia mengungkapkan, kebakaran itu membuat 19 penerbangan domestik mengalami penundaan. Rinciannya:

  • Lion Air 4 penerbangan
  • Garuda Indonesia 5 penerbangan
  • NAM Air 2 penerbangan
  • Batik Air 2 penerbangan
  • Wings Air 1 penerbangan
  • Air Asia 1 penerbangan
  • Citilink 3 penerbangan
  • Sriwijaya Air 1 penerbangan.

Dari 19 penerbangan tersebut, jumlah penumpangnya diperkirakan dua ribu orang. Pada pukul 22.20 Wita, sebanyak 10 penerbangan sudah diberangkatkan. Sisanya hingga kini masih menunggu. Rentan waktu penundaan 19 penerbangan tersebut mulai dari 30 menit hingga 1,5 jam.

"Nah jadi dari lima maskapai menggunakan kurang lebih 19 jadwal penerbangan. Selisih penundaan berkisar 30 menit sampai 1,5 jam. Jadi masih bisa dikendalikan," kata dia, Jumat (19/4) malam.

2. Terminal Internasional dan Kedatangan Domestik tidak terganggu

2 Ribu Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Kena Dampak KebakaranUnsplash.com/Ashim D'Silva

Ia menjelaskan, dampak penundaan tersebut tidak sampai membuat pesawat lain melakukan divert atau mendarat di bandara lain. Selain itu, di terminal internasional dan kedatangan domestik tidak mengalami gangguan.

"Murni yang terhambat di sini adalah proses keberangkatan di domestik dan internasional tak ada gangguan," ucapnya.

Baca Juga: Terminal Domestik Ngurah Rai Bali Kebakaran, 19 Penerbangan Ditunda

3. Ada penyekatan di sekitar TKP supaya tidak mengganggu calon penumpang

2 Ribu Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Kena Dampak KebakaranIDN Times/Ayu Wulandari

Untuk akomodir operasional keberangkatan besok, pihaknya akan melakukan penyekatan di samping lokasi yang kebakaran. Sehingga penumpang-penumpang yang melakukan check in atau berproses untuk keberangkatan tak terganggu dan menyaksikan TKP yang sedang diperbaiki.

"Kami telah pastikan tim teknis kami dan tim safety bahwa terminal domestik bisa dimasuki. Kami secara terpadu bersama institusi yang ada masuk. Kami optimis bahwa kondisi tersebut bisa diatasi malam ini. Besok pagi terminal domestik bisa dioperasikan," katanya optimis.

4. Seluruh penumpang diarahkan check in di jalur internasional

2 Ribu Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Kena Dampak Kebakaran(Ilustrasi Bandara Ngurah Rai) www.instagram.com/@baliairport

Untuk saat ini, penumpang pesawat domestik baik Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air dan Lion Air Grup dapat menggunakan Counter Check in Island E Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Para penumpang akan diarahkan oleh petugas melalui jalur connecting yang melewati Hotel Novotel menuju boarding gate. Secara umum, kejadian ini tidak mengganggu aktivitas operasional di Bandara Ngurah Rai.

5. Terminal keberangkatan internasional juga mengalami shut down

2 Ribu Penumpang Domestik di Bandara Ngurah Rai Kena Dampak KebakaranIDN Times/Ayu Wulandari

Untuk selanjutnya, pihaknya akan mengevaluasi pos listrik dan Air Handling Unit (AHU) atau sistem tata udara. Pasalnya, belum lama ini listrik di terminal keberangkatan internasional juga mengalami shut down. Penyebabnya juga berasal dari unit tersebut.

"Kami juga pernah shut down listrik di terminal internasional. Ini dampaknya luar biasa. Kami bisa petik pelajaran, ternyata aliran tidak di PLN. Kejadian ini juga tentunya tak terkait dengan aliran listrik yang masuk. Insiden di pos listrik atau AHU. Kami miliki SOP secara rutin untuk pemeliharaan tapi kami akan perhatikan ini," jelasnya.

Baca Juga: Ada Kepulan Asap, Ratusan Orang di Bandara Ngurah Rai Dievakuasi

Topic:

  • Imam Rosidin
  • Irma Yudistirani

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You