Pasca Demo Kader Golkar, Gunawan: Tarung di Musdalub Kalau Gentleman

Golkar di Bali rada 'memanas' nih kayaknya

Bangli, IDN Times - Demo para kader Golkar se-Bali yang mendesak Dewan Pengurus Pusat (DPP) Golkar Bali melaksanakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) lalu mendapat tanggapan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) II Golkar Bangli. Ketua DPD II Golkar Bangli, Wayan Gunawan, menyebutkan demo itu merupakan suara hati kader yang ada di daerah.

"Suasana kebatinan ini bagaimana? Ini suara kader lho," katanya, Kamis, (20/12).

1. Musdalub merupakan aspirasi mayoritas kader

Pasca Demo Kader Golkar, Gunawan: Tarung di Musdalub Kalau GentlemanIDN Times/I Gusti Ngurah Wirawan

Gunawan bahkan mempertanyakan sikap DPD I Golkar Bali yang terkesan mengulur-ulur Musdalub. Ia juga menyebutkan, apabila Demer merasa percaya diri memimpin Golkar, seharusya berani untuk menyelenggarakan musdalub.

"Kalau DPD I mengulur-ulur pelaksanaan Musdalub, pertanyaannya ada apa? Kalau memang gentleman, percaya diri, ya di Musdalub tarung," tanyanya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali ini menegaskan, DPD II merupakan representasi dari partai di daerah. Bahkan ia kembali menegaskan, secara Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Golkar, usulan Musdalub dapat dilakukan apabila ada dua per tiga DPD II yang mengusulkan.

"Pertama DPD II representasi dari Partai Golkar di Bali. Delapan DPD berkomitmen untuk melaksanakan Musdslub dipercepat. Berarti secara anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sudah cukup, enam saja misalnya cukup," tegasnya kembali.

Baca Juga: Target 110 Kursi di Senayan, Golkar Genjot Mesin Hadapi Pileg

2. Plt Ketua Golkar Bali berwenang untuk melaksanakan Musdalub secepatnya

Pasca Demo Kader Golkar, Gunawan: Tarung di Musdalub Kalau GentlemanFacebook.com/Gde Sumarjaya Linggih II

Pihaknya juga menegaskan, langkah yang diambil oleh delapan DPD II itu sebagai sikap dan semangat untuk mengamankan SK 362. Seperti diketahui, dalam Surat Keputusan (SK) DPP Partai golkar Nomor Kep 362/DPP/Golkar/XII/2018 Tentang Pemberhentian Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali dan Penunjukan Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali poin keempat, mengamanatkan supaya Plt Ketua DPD Golkar Bali untuk segera melakukan Musdalub.

"Nyata-nyata di SK 362 butir keempat sudah jelas melakukan revitalisasi dalam rangka Musdalub, berarti semangat DPD II adalah mengamankan itu," ucap Gunawan.

3. Langkah ini dilakukan untuk menyelamatkan Golkar di Pemilu 2019

Pasca Demo Kader Golkar, Gunawan: Tarung di Musdalub Kalau GentlemanDok.IDN Times/Istimewa

Pihaknya juga menegaskan, desakan Musdalub merupakan langkah penyelamatan partai, yakni hanya ingin mendapatkan sosok ketua yang mendapatkan legitimasi atau definitif. Dirinya pun tidak mempersoalkan siapapun nanti yang akan menjadi ketua di Musdalub apabila memang diselenggarakan.

"Kalau penataan partai goal-nya mensukseskan Jokowi, memenangkan dan meningkatkan suara Pileg, gimana letaknya? Kalau Plt tidak mendapat legitimasi dari tingkat II," tandasnya.

4. Berawal dari demo para kader di acara HUT ke-54 Partai Golkar

Pasca Demo Kader Golkar, Gunawan: Tarung di Musdalub Kalau GentlemanDok.IDN Times/I Gusti Ngurah Wirawan

Sekadar diketahui, disela-sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 Partai Golkar, para kader mendadak demo di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar Bali, Denpasar, Rabu (19/12) siang. Para kader merangsek masuk dan membentangkan berbagai spanduk di beberapa sisi Wantilan serta halaman kantor yang menuntut Musdalub.

Suasana mulai kacau ketika Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer, menyampaikan sambutan di atas podium.

5. Lalu apa tanggapan Demer soal permintaan para kader tersebut?

Pasca Demo Kader Golkar, Gunawan: Tarung di Musdalub Kalau GentlemanFacebook.com/gdesumarjayalinggihdemer

Sementara itu saat dikonfirmasi IDN Times, Demer Ia mengaku tidak hanya menerima aspirasi untuk mempercepat musdalub sebelum Pemilu 2019 saja. Tetapi juga aspirasi pelaksanaan musdalub setelah Pemilu 2019.

Namun ia justru mengajak seluruh kader Golkar Bali supaya bersatu menghadapi Pemilu 2019. Apalagi menurutnya, coblosan Pemilu 2019 tinggal empat bulan lagi.

"Ya mari kita bersatu. Pemilu ini tinggal empat bulan lagi," katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya