Beredarnya Tabloid IB di Bali, Tak Pengaruhi Suara Prabowo-Sandi

BPD Bali minta polisi segera usut siapa pelakunya

Denpasar, IDN Times - Beredarnya tabloid Indonesia Barokah di Bali langsung mendapat tanggapan dari para tim sukses Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-cawapres) di Bali. Ceperti kubu Prabowo-Sandi Bali yang mengatakan bahwa pihaknya sangat dirugikan atas beredarnya tabloid tersebut di Bali.

Menurutnya, tabloid tersebut mengandung fitnah terhadap Prabowo-Sandi. Apalagi saat ini pihaknya sedang berupaya keras mengampanyekan Prabowo-Sandi di Bali.

"Saya dengar bahwa tabloid Indonesia Barokah itu memang mengandung fitnah terhadap Prabowo-Sandi,” kata Juru Bicara Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Bali, Fachruddin Piliang, Kamis (31/1).

1. Sebut bukan produk jurnalistik

Beredarnya Tabloid IB di Bali, Tak Pengaruhi Suara Prabowo-SandiJuru Bicara Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Bali, Fachruddin Piliang. (IDN Times/I Gusti Ngurah Made Wirawan)

Fachruddin mengataka tabloid itu bukan merupakan produk jurnalistik yang terdaftar di Dewan Pers serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Itu bukan media, bukan suatu media yang terdaftar di Dewan Pers, Kominfo. Ini suatu berita yang liar. Produk jurnalistik yang liar, asal-usulnya tidak tahu, ini tabloid liar dan Prabowo-Sandi adalah korban nyata dari hoaks itu,” tegasnya.

Ia kembali menegaskan jika tabloid ini merupakan produk black campaign meminta agar itu tidak tersebar. "Kami minta agar itu tidak disebarkan. Kan sudah jelas itu Pak JK selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia yang menyatakan kalau menemukan tabloid itu agar dibakar kalau perlu," katanya.

2. Mendesak agar kepolisian supaya mengusut tuntas

Beredarnya Tabloid IB di Bali, Tak Pengaruhi Suara Prabowo-SandiIDN Times/Fitria Madia

Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Caleg DPRD) Kota Denpasar Daerah Pemilihan (Dapil) Denpasar Utara ini mendesak kepolisian untuk mengungkap mengenai penyebar tabloid tersebut.

"Catatannya adalah pelaku aktor penyebaran tabloid itu, terutama pelaku yang sebenarnya, bukan pelaku yang tidak sebenarnya. Jadi tentu kami berharap para hukum bekerja adil dan transparan," pintanya.

3. Sebut tak pengaruhi suara Prabowo-Sandi di Bali

Beredarnya Tabloid IB di Bali, Tak Pengaruhi Suara Prabowo-SandiANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Walau begitu, ia optimis penyebaran tabloid ini tidak akan memengaruhi suara Prabowo-Sandi di Bali. "Pemilih Bali sudah cerdas, black campaign seperti itu hal yang paling bodoh. Masyarakat, saya yakin tidak akan terpengaruh," jelasnya.

4. Tabloid tersebut sudah terdistribusi di empat Kota/Kabupaten Bali

Beredarnya Tabloid IB di Bali, Tak Pengaruhi Suara Prabowo-SandiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Seperti diberitakan IDN Times sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bali mengaku telah menemukan puluhan eksemplar tabloid tersebut.

Dari temuan Bawaslu ada beberapa eksemplar tabloid Indonesia Barokah yang sudah diedarkan. Dari data sementara, yang sudah terdistribusi di Denpasar enam eks, Jembrana enam eks, Buleleng delapan eks, dan Karangasem dua eks. Sementara yang belum terdistribusi berada di Kantor Pos Jembrana yang jumlahnya 19 paket.

"Oh iya itu betul di Kantor Pos. Di Jembrana ada, di Denpasar, ada di Singaraja ada, di Karangasem juga ada," kata Wayan Wirka, Koordinator Divisi (Kordiv) Bawaslu Bali, Kamis (31/1) siang.

Baca Juga: Tabloid Indonesia Barokah Diedarkan ke 9 Alamat di Jembrana

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya