Polda Bali Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 1945 meter di Sawah

Sekali merdeka tetap merdeka

Tabanan, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Bali berhasil membuat rekor baru. Mereka membentangkan kain berwarna merah putih sepanjang 1.945 meter, yang melintasi pematang sawah di kawasan terasering Jatiluwih, Rabu (14/8). Acara ini sukses diganjar penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

1. Pembentangan kain ini melibatkan 1700 personel Polda Bali

Polda Bali Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 1945 meter di SawahIDN Times/I Made Argawa

Polda Bali berhasil membentangkan 1.945 meter kain merah putih di pematang sawah di kawasan obyek Jatiluwih di Kecamatan Penebel. Kain ini dibentangkan oleh 1700 personel Polda Bali, delapan tokoh lintas agama dan 45 anggota TNI.

Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, mengatakan acara pengibaran bendera adalah sebuah bentuk semangat nasionalisme yang harus terus dipupuk terutama pada generasi muda.

“Tidak boleh ada yang lain, selain bendera Merah Putih,” katanya.

Ia juga menyebutkan, ideologi Pancasila, dasar hukum UUD 1945 merupakan hal mutlak. “Selain itu tidak boleh ada bentuk negara lain,” ujarnya.

Pemecahan rekor MURI ini dihadiri Oleh Ketua Umum Bhayangkari, Tri Tito Karnavian. Pembentangan kain merah putih ini merupakan wujud nyata program pemerintah Presiden Joko Widodo, yaitu sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

2. Sempat salah menyebut tempat tugas

Polda Bali Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 1945 meter di SawahIDN Times/I Made Argawa

Saat acara pembentangan kain merah putih, Petrus sempat salah mengucapkan tempat tugasnya. Jendral bintang dua kelahiran Manado ini menyebut Polda Metro Jaya. Hingga kekeliruan itu diingatkan oleh peserta yang hadir. “Polda Bali pak,” kata peserta secara serentak. Lantas Petrus meralat perkataanya. “Saya ini lama di Polda Metro,” ujarnya.

Pada saat penyerahan pelakat dari MURI, Petrus menyebut hal itu merupakan kerja sama jajarannya.

“Kami telah mengibarkan bendera di dalam laut, di lembah, di gunung dan kini di area persawahan,” ungkapnya.

3. Forum Kerukunan Umat Beragama apresiasi upaya Polda Bali

Polda Bali Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 1945 meter di SawahFacebook.com/poldabali

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali, Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet, mengapresiasi kegiatan Polda Bali yang membentangkan kain merah putih di kawasan Jatiluwih.

“Sangat membanggakan, untuk membangkitkan semangat patriotisme,” ujarnya.

Dengan kegiatan pembentangan kain merah putih, serta mengibarkan bendera dalam jumlah banyak dapat memupuk sikap cinta tanah air.

“Harus diakui, sikap nasionalisme belakangan sudah mulai luntur,” katanya.

Dengan sikap rela berkorban kepada Indonesia, juga diharapkan sikap rela berkorban kepada Bali. “Saya menghargai acara Polda Bali,” tutupnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya