Penyebab Kebakaran Hutan Gunung Batukau Masih Misteri

Yuk, jaga hutan. Para pendaki seharusnya paham itu

Tabanan, IDN Times - Puncak Gunung Batukau yang berada di Desa Wangaya Gede, Kecamatan Penebel, dilalap jago merah, Selasa (13/8) malam. Kejadian itu membuat warga yang berada di areal lereng gunung tertinggi nomor dua Pulau Bali ini panik dan spontan bersama memadamkan api.

1. Sebelum kebakaran, ada 12 pendaki tengah naik gunung

Penyebab Kebakaran Hutan Gunung Batukau Masih MisteriDok.IDN Times/Istimewa

Terkait terbakarnya lahan hutan di puncak Gunung Batukau diduga disebabkan oleh pendaki yang sempat menghidupkan api. Dugaan itu disampaikan oleh Ketua Umum Pura Luhur Batukau, I Ketut Sucipto.

“Bisa jadi juga karena puntung rokok,” katanya.

Perkiraan ini dilontarkan karena ada 12 pendaki yang naik ke puncak gunung sebelum kejadian. Hal ini diceritakan oleh pendaki gunung yang turun dan sempat berpapasan dengannya.

“Ini baru dugaan saja. Kepastian kami tunggu hasil penyelidikan,” ujarnya.

Kebakaran yang melanda kawasan puncak Gunung Batukau bahkan hampir menjalar ke kawasan Pura Luhur Kedaton.

“Jarak api dengan pura tinggal beberapa meter saja,” kata seorang relawan pemadam api, I Wayan Sukamarta.

2. Butuh waktu empat jam untuk sampai ke titik api dari Pura Luhur Batukau

Penyebab Kebakaran Hutan Gunung Batukau Masih MisteriKepala pelaksana BPBD Tabanan, I Gusti Ngurah Made Sucita. (IDN Times/I Made Argawa)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siaga di kawasan Pura Luhur Batukau.

Jarak pendakian dari Pura Luhur Batukau menuju ke titik api sekitar empat jam. Kepala pelaksana BPBD Tabanan, I Gusti Ngurah Made Sucita, mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan darimana sumber api tersebut.

“Belum kami bisa simpulkan sumber api,” ujarnya.

Saat kebakaran itu terjadi, warga yang berada di kawasan lereng Gunung Batukau spontan memadamkan api secara beramai-ramai.

“Ada tiga titik lokasi pendakian yang dilakukan untuk memadamkan api. Pura Luhur Batukau, Jatiluwih dan Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan,” ungkap Sucita.

3. Titik api terlihat dari Kota Tabanan

Penyebab Kebakaran Hutan Gunung Batukau Masih MisteriDok.IDN Times/Istimewa

Kobaran api kebakaran Gunung Batukau pada Selasa malam itu terlihat sampai ke Kota Tabanan. Api diketahui muncul sekitar pukul 21.00 Wita.

“Lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektar,” kata Sukamarta.

Ia menyebutkan, saat tiba di puncak gunung pada pukul 06.00 Wita, masih muncul api di semak-semak. Ia dan tim berjibaku memadamkan api tersebut sampai padam.

“Dengan alat seadanya kami congkel bara api dari tanah,” ujarnya.

Sukamarta melihat, api tidak hanya membakar semak dan pohon, tetapi juga menjalar sampai ke jurang yang sebelumnya tertutup tanaman.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You