Comscore Tracker

Paguyuban Wartawan Tabanan Bagi Bendera Jelang Hari Kemerdekaan

Sederhana sih, tapi bermakna. Bagaimana di tempatmu?

Tabanan, IDN Times -  Meski sibuk dengan rutinitas mencari informasi dan mengolahnya menjadi berita, paguyuban wartawan di Kabupaten Tabanan yang tergabung dalam Pewarta, menggelar aksi sosial dengan membagikan bendera kepada pengguna jalan jelang perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-74, Senin (12/8).

1. Menggugah cinta tanah air itu cukup dengan melakukan hal yang sederhana

Paguyuban Wartawan Tabanan Bagi Bendera Jelang Hari KemerdekaanIDN Times/I Made Argawa

Ketua paguyuban wartawan di Kabupaten Tabanan, I Made Donny Dharmawan, menyebutkan pihaknya membagikan 450 bendera merah putih. Jumlah itu merupakan simbol hari kemerdekaan tahun 1945.

“Mengingatkan kami tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Ia berharap aksi sosial ini memberikan dampak pada masyarakat agar memiliki sikap cinta terhadap tanah air dengan sesuatu yang sederhana. Misalnya, memasang bendera ketika menyambut hari kemerdekaan pada kendaraannya.

“Agar generasi saat ini tidak begitu saja lupa jasa pahlawan,” ujarnya.

 

2. Wakil Bupati Tabanan instruksikan pegawainya meniru hal serupa

Paguyuban Wartawan Tabanan Bagi Bendera Jelang Hari KemerdekaanWakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya. (IDN Times/I Made Argawa)

Kegiatan sosial yang digelar awak media ini mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tabanan ini menginstruksikan agar pegawai di Pemkab Tabanan ikut memasang bendera merah putih.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Sekda, agar pegawai ikut melakukan ini (Memasang bendera),” ujarnya.

Sanjaya mengatakan, memasang bendera merupakan simbol sikap nasionalis yang dimiliki oleh Warga Negara Indonesia. Ia berharap agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai lainnya memiliki jiwa nasionalis yang tinggi.

“Kegiatan ini spontan dan berkesan,” katanya.

3. Dalam waktu 30 menit, 450 bendera tersebut ludes

Paguyuban Wartawan Tabanan Bagi Bendera Jelang Hari KemerdekaanIDN Times/I Made Argawa

Tidak membutuhkan waktu lama, 450 bendera yang dibagikan paguyuban wartawan di  Kabupaten Tabanan habis. Warga memberikan apresiasi kegiatan yang dilakukan para pemburu berita ini.

“Senang ada kegiatan seperti ini, dapat bendera gratis,” kata seorang perempuan pengguna jalan, Herny.

Warga lainnya, Kadek Dedi Arnawa, juga mengatakan hal serupa. Kegiatan pemasangan bendera ini memunculkan kesan semarak hari kemerdekaan.

“Biasanya saya beli bendera untuk dipasang di depan rumah,” ujarnya. Selain memasang di depan rumah, Kadek Dedi juga memasang bendera ketika ada kegiatan di banjarnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You