Waspadai Hujan Lebat Dua Hari Ke Depan, Gelombang Capai Dua Meter

Waspada ya guys

Denpasar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir hingga Kamis (23/1) mendatang. Kondisi tersebut juga berpotensi terjadi di wilayah Bali.

Hal ini disebabkan karena sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif. Terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat. Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

1. Berikut catatan BMKG terkait beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga Kamis mendatang

Waspadai Hujan Lebat Dua Hari Ke Depan, Gelombang Capai Dua MeterIDN Times/Ayu Afria

Diperkirakan mulai Senin (20/1) hingga Kamis (23/1), hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

2. Cuaca wilayah Bali cerah berawan hingga Selasa esok. Hujan diperkirakan terjadi di Bali bagian Timur, Tengah dan Selatan.

Waspadai Hujan Lebat Dua Hari Ke Depan, Gelombang Capai Dua Meterrestorationmasterfinder.com

Kepala BMKG Wilayah III Denpasar M Taufik Gunawan menyampaikan bahwa hingga Selasa (21/1), cuaca wilayah Bali cerah berawan dengan potensi hujan ringan di bagian Timur, Tengah dan Selatan.

Adapun suhu udara berkisar 24 hingga 33 derajat celcius dengan kelembaban 60 hingga 91 persen. Kecepatan angin antara 6 sampai 32 kilometer per jam. Sementara tinggi gelombang akan mencapai 2 meter di Perairan Sekatan Bali, Selat Bali dan Selat Lombok.

“Kondisi air laut yang cukup hangat memberikan kontribusi penguapan yang cukup untuk pembentukan awan-awan hujan,” jelasnya.

3. Denpasar dan Badung diperkirakan tidak akan hujan hingga esok hari

Waspadai Hujan Lebat Dua Hari Ke Depan, Gelombang Capai Dua MeterIDN Times/Imam Rosidin

Pengamatan BMKG Wilayah III Denpasar untuk Kabupaten Badung dan Kota Denpasar cerah berawan hingga Selasa (21/1). Dengan rata-rata suhu udara 25 hingga 34 derajat celcius. Hanya saja untuk wilayah Kuta Selatan hujan diprediksi terjadi pada pukul 08.00 Wita.

“Masyarakat, nelayan dan pelaku kegiatan pariwisata bahari agar mewaspadai angina kencang dan tinggi gelombang laut. Juga waspada terhadap dampak bencana seperti kilat, petir, angina kencang, pohon tumbang, genangan air, banjir dan tanah longsor,” terangnya.

Baca Juga: BMKG: Siklon Tropis Blake Memicu Gelombang Tinggi di Bali, NTB, NTT

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya