Dalam Dua Hari Denpasar Genjot Vaksinasi COVID-19 untuk 3.000 Nakes 

Langsung saja datang ya, tidak harus terima SMS dulu

Denpasar, IDN Times – Vaksinasi massal untuk tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Kota Denpasar akan digenjot selama dua hari, yakni terhitung mulai besok, Kamis 4 Februari 2021. Para nakes diharapkan langsung datang ke salah satu dari tiga lokasi pilihan yakni ke Graha Sewaka Dharma (GSD) Lumintang, Wantilan DPRD Bali, dan Poltekes Denpasar, mulai pukul 08.00 Wita hingga 14.00 Wita. 

Baca Juga: Capaian Rendah, Besok Bali Vaksinasi Massal untuk Tenaga Kesehatan

1. Vaksinasi massal dijadwalkan selama 2 hari

Dalam Dua Hari Denpasar Genjot Vaksinasi COVID-19 untuk 3.000 Nakes IDN Times/Ayu Afria

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, bahwa vaksinasi massal ini merupakan upaya Pemerintah Kota Denpasar untuk mendukung suksesnya program nasional vaksinasi COVID-19. Para nakes yang belum mendapat vaksinasi pertama, difasilitasi dengan mengikuti vaksinasi massal selama dua hari ke depan.

“Vaksinasi massal ini merupakan upaya percepatan program vaksin COVID-19 untuk nakes. Sehingga dengan selesainya program vaksin untuk nakes, maka program vaksin untuk instansi pelayanan publik dan masyarakat umum dapat dipercepat," jelasnya pada Rabu (3/2/2021).

Baca Juga: Prioritas Dapat Vaksin COVID-19, Perawat di Bali Mengaku Masih Ragu 

2. Pemerintah siapkan 3.000 dosis untuk nakes

Dalam Dua Hari Denpasar Genjot Vaksinasi COVID-19 untuk 3.000 Nakes Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS)

Tercatat sebanyak 13 ribu nakes di Kota Denpasar yang memerlukan langkah percepatan program vaksinasi. Dalam pelaksanaan vaksinasi massal, pemerintah menyiapkan sekitar 3.000 vial atau dosis vaksin di tiga lokasi, dengan tenaga kesehatan masing-masing hingga 6 vaksinator.

Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara Pemkot Denpasar dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Benoa (KKP), Pemprov Bali, RSBM, RS Sanglah, RSUD Wangaya, dan rumah sakit swasta di Kota Denpasar.

"Jadi nakes yang belum mendapatkan vaksinasi pertama atau yang belum pernah menerima vaksinasi COVID-19 sama sekali, dapat datang langsung dengan membawa KTP, Fotocopy SIP, atau Fotocopy STR," ujar I Dewa Gede Rai.

3. Sebanyak 7.000 nakes di Denpasar sudah divaksinasi

Dalam Dua Hari Denpasar Genjot Vaksinasi COVID-19 untuk 3.000 Nakes Pelaksanaan Vaksinasi di Kota Denpasar beberapa waktu lalu (Dok.IDN Times/Pemkot Denpasar)

Dewa Gede Rai mengungkapkan sejak pelaksanaan vaksinasi pada 15 Januari 2021 lalu di 17 fasilitas kesehatan di Kota Denpasar, hingga saat ini tercatat 7.000 nakes yang sudah mendapatkan vaksin. Para nakes yang belum divaksinasi diharapkan akan mengikuti vaksinasi massal esok hari.

“Yang sudah mendapatkan vaksin itu sekitar 7.000-an (dari total 13 ribuan). Jadi target kami, Februari minggu ketiga itu seluruh tenaga kesehatan sudah mendapatkan vaksin untuk kedua kali. Sudah total,” jelasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya