Usai Dipakai Main Game, Handphone Rifai Raib Dicuri Buruh di Denpasar

Kejahatan terjadi karena ada kesempatan

Badung, IDN Times – Seorang buruh pembuat lemari asal Banyuwangi, Jawa Timur bernama Faisoli Rubianto (26) harus mendekam di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Mengwi, sejak ditangkap di Jalan Buana Kubu, Monang-maning, Denpasar, pada Kamis (10/10). Pelaku dilaporkan oleh Muhammad Rifai Alwi (21) dengan bukti LP-B/42/X/2019/Bali/Res BDG/Sek.Mengwi tertanggal 10 Oktober 2019.

Rifai menjadi korban pencurian karena ia kehilangan handphone di dalam kamar kosnya Banjar Binong, Desa Werdi Bhuwana, Mengwi, Minggu (29/10) lalu pukul 03.00 Wita. Berikut ini kronologinya:

1. Dua handphone korban raib usai digunakan main game

Usai Dipakai Main Game, Handphone Rifai Raib Dicuri Buruh di Denpasargadgetmatch.com

Kapolsek Mengwi, AKP I Gede Eka Putra Astawa, menyampaikan handphone tersebut raib usai korban bermain game. Pada Minggu (29/9) sekitar pukul 00.10 Wita, korban sedang bermain game mengunakan handphone Vivo miliknya. Sementara handphone Realmi milik korban ditaruh di atas kasur.

Setelah puas bermain game, korban lalu berangkat tidur pukul 02.00 Wita dini hari bersama temannya Maulidino Wahyu Anggoro (22). Ketika terbangun pukul 05.00 Wita, korban menyadari handphone-nya raib.

“Ada dua handphone yang dicuri oleh pelaku. Satunya Vivo y95 warna hitam, satunya lagi Realmi 3 warna ungu. Kalau kerugiannya diperkirakan Rp5,7 juta dari pengakuan korban,” terangnya, pada Minggu (13/10).

2. Tersangka sempat membuat lemari di sebelah kos korban

Usai Dipakai Main Game, Handphone Rifai Raib Dicuri Buruh di DenpasarSumber Gambar : harianjogja.com

Setelah dilakukan penangkapan, tersangka rupanya telah merencanakan aksi tersebut sebelumnya. Niat mencuri tersebut muncul ketika ia membuat lemari di sebelah tempat kejadian perkara (TKP). Rencana itu kemudian dilancarkan pada Minggu (29/9) sekitar pukul 03.00 Wita.

“Modusnya pelaku dalam melakukan pencurian yaitu mengambil handphone korban pada saat korban tidur, di mana pintu kamar tidur korban tidak terkunci saat itu,” terangnya.

3. Tersangka mencuri karena ingin memiliki

Usai Dipakai Main Game, Handphone Rifai Raib Dicuri Buruh di DenpasarDok. IDN Times/ istimewa

Dari hasil interogasi petugas kepolisian, tersangka mengakui melakukan pencurian dengan pemberatan alias curat karena ingin memilikinya. Setelah melakukan penggeledahan ditemukan barang hasil kejahatan berupa handphone Vivo y95 warna hitam. Tersangka menyimpan handphone itu di kamar kosnya Jalan Buana Kubu, Monang-maning, Denpasar. Sementara handphone Realmi 3 warna ungu dipakai sendiri oleh tersangka.

“Ingin memiliki handphone yang lebih bagus, Jadi pelaku mencuri. Selain itu kami amankan juga sepeda Yamaha Mio warna putih biru P 6703 XW,” ucapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya