Atlet MMA Australia Ngamuk di Jalan Legian, Ngajak Bertarung

WNA tersebut masih dirawat di RSUP Prof Ngoerah Denpasar

Badung, IDN Times – Seorang Warga Negara Asing (WNA) yang berulah di Jalan Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, diketahui merupakan turis asal Australia, bernama Peter Sale (29).

Orang asing tersebut dianggap mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat karena tidur di tengah jalan dan berteriak ngajak bertarung. Hingga saat ini, Rabu (19/10/2022), Peter diketahui masih dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah, Denpasar.

Baca Juga: Niat Bersihkan Sampah Dam, Warga Denpasar Hanyut Dibawa Arus

1. Peter tiduran di jalan, teriak, dan mengajak bertarung

Atlet MMA Australia  Ngamuk di Jalan Legian, Ngajak BertarungScreenshot video

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengungkapkan bahwa anggota Satpol PP Badung BKO Kuta saat itu mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan tergeletak di tengah jalan. Peter berteriak tidak karuan di atas jalan paving, di Kelurahan Legian.

Warga Australia ini juga sempat beraksi mengajak semua orang untuk tarung. Ternyata diketahui bahwa Peter merupakan atlet MMA. Petugas Satpol PP datang ke lokasi kejadian, pada Senin (17/10/2022), dan memborgol tangan Peter. Kemudian ia dibawa menuju RSUP Prof Ngoerah, Denpasar.

“Sebelumnya, semua orang mau diajak tarung. Sudah kami datangi malah santai. Sudah ditangani di rumah sakit bersama keluarganya,” ungkapnya.

2. Peter dalam penanganan dokter psikiatri

Atlet MMA Australia  Ngamuk di Jalan Legian, Ngajak BertarungWN Australia didampingi petugas Satpol PP Badung di RSUP Prof Ngoerah, Denpasar. (Dok.IDN Times/Satpol PP Badung)

I Gusti Agung Ketut Suryanegara menduga bahwa yang bersangkutan mengidap gangguan jiwa sehingga mengamuk di seputaran Jalan Legian. Hingga saat ini Peter masih dirawat di RSUP Prof Ngoerah. Kepala Sub Bagian Humas RSUP Prof Ngoerah, I Ketut Dewa Kresna, membenarkan informasi bahwa Peter dalam penanganan dokter psikiatri.

“Saya belum lihat diagnosanya. Tapi dirawat oleh psikiatri. Masih dirawat di Ruang Wijaya Kusuma,” ungkap Ketut Dewa Kresna, pada Rabu (19/10/2022).

3. Peter menganggu keamanan pengguna jalan

Atlet MMA Australia  Ngamuk di Jalan Legian, Ngajak BertarungScreenshot video

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Denpasar, Kombes Pol Bambang Yugo, didampingi oleh Kapolsek Kuta, AKP Yogie Pramagita, mengungkapkan bahwa peristiwa itu terjadi pada Senin (17/10/2022), pukul 16.30 Wita, di sebuah hotel di Jalan Legian. Atas tindakan WN Australia tersebut, pihak kepolisian menyampaikan telah menghubungi Kantor Imigrasi dan Konsulat Australia.

“Yang bersangkutan mengganggu pengguna jalan,” jelasnya.

Dari informasi yang diterima, bahwa memang benar Peter merupakan atlet MMA. Sebagai tindakan lebih lanjut, pihak kepolisian masih menunggu hasil pemeriksaan dari RSUP Prof Ngoerah.

“Kami masih menunggu dari rumah sakit ya. Apakah yang bersangkutan mabuk atau ada hal lain,” ungkapnya.

Menyadari ekonomi Bali disokong oleh wisatawan, Kombes Pol Bambang Yugo mengungkapkan pihaknya bersama jajaran TNI dan pihak desa adat, bersama-sama memberikan arahan dan secara rutin memberikan sosialisasi ketertiban terhadap para wisatawan.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya