Turis Amerika Jatuh dari Tebing Air Terjun di Buleleng, Kaki Putus

Korban sudah sempat diingatkan oleh pengunjung lainnya

Buleleng, IDN Times – Seorang wisatawan asal Amerika Serikat bernama Donnel Jack Sullivan (22) terpeleset dan tertimpa reruntuhan batu tebing di kawasan objek wisata Air Terjun Aling Aling yang terletak di Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng, pada Rabu (2/11/2022).

Diketahui bahwa korban berwisata tanpa pemandu dan berangkat melalui jalur Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, sekitar pukul 11.30 wita.

Baca Juga: WNA Rusia di Bali Ditemukan Tergorok dalam Kamar Mandi Hotel

1. Nekat menaiki tebing padahal sudah diperingatkan

Turis Amerika Jatuh dari Tebing Air Terjun di Buleleng, Kaki PutusLokasi WNA Asal Amerika terjatuh hingga kakinya putus. (Dok.IDN Times/Polsek Sukasada)

Kasubag Humas Polres Buleleng, AKP I Gede Sumarjaya, saat dikonfirmasi pada Jumat (4/11/2022), mengungkapkan bahwa korban tiba di lokasi Air Terjun Aling-Aling pada pukul 12.15 Wita. Ia lalu menaiki tebing air terjun. Korban sebelumnya telah diperingatkan oleh sesama pengunjung lainnya yang merupakan warga negara Prancis, Rigaud Alixis Louis Yves (40).

Tak berselang lama, korban terpeleset dan terjatuh. Ia juga tertimpa bongkahan batu tebing yang cukup besar yang ikut runtuh. Batu tebing itu menimpa betis kanannya hingga kaki korban terputus.

“Bongkahan batu tebing yang cukup besar juga ikut runtuh menimpa betis kanannya sehingga mengakibatkan betis kakinya terputus,” jelasnya.

2. Saat kejadian lokasi sepi pengunjung, teriakan korban meminta tolong hanya didengar beberapa orang saja

Turis Amerika Jatuh dari Tebing Air Terjun di Buleleng, Kaki PutusLokasi WNA Asal Amerika terjatuh hingga kakinya putus. (Dok.IDN Times/Polsek Sukasada)

Korban dibantu oleh saksi dan merintih kesakitan. Saat itu lokasi juga dalam kondisi sepi. Teriakan minta tolong didengar oleh pemandu wisata dari Kelompok Darwis Desa Sambangan.

Pertolongan pertama yang diberikan dengan mengikat kaki korban menggunakan handuk untuk mengurangi pendarahan. Korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Balimed Singaraja untuk penanganan lebih lanjut.

3. Kelompok Darwis Desa Ambengan diminta memasang spanduk bahaya peringatan

Turis Amerika Jatuh dari Tebing Air Terjun di Buleleng, Kaki Putusunsplash.com/alengo

Kapolsek Sukasada, Kompol Made Agus Dwi Wirawan, datang ke lokasi kejadian dan menuju ke rumah sakit untuk melihat kondisi korban. Atas kejadian tersebut, pihak kepolisian mendorong Kelompok Darwis Desa Ambengan dan Desa Sambangan ke depannya untuk menambah papan atau spanduk peringatan bahaya di lokasi wisata.

Setiap wisatawan juga diimbau untuk mengajak pemandu ketika berkunjung sehingga dapat meminimalisir musibah seperti yang terjadi saat ini.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya