Jadi Lokasi Alternatif, TPA Temesi Gianyar Malah Terbakar

TPA ini awalnya ditunjuk sebagai pembuangan sampah sementara

Gianyar, IDN Times – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Temesi yang terletak di Jalan Raya Temesi, Banjar Temesi, Desa Temesi, Kecamatan Gianyar, dilaporkan terbakar sekitar pukul 02.43 Wita, Senin (16/10/2023). Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gianyar, I Made Watha, mengatakan kendati api sudah berhasil dipadamkan, pihaknya tetap menyiagakan petugas di lokasi kejadian untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Baca Juga: Metana dan Cuaca Panas Dianggap Picu Kebakaran TPA Mandung

Baca Juga: TPA Suwung Menghentikan Kiriman Sampah Sementara Waktu

1. Luas lokasi sampah yang terbakar 3 are

Jadi Lokasi Alternatif, TPA Temesi Gianyar Malah Terbakarfoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

I Made Watha, mengatakan dua unit armada mobil pemadam kebakaran beserta 12 petugas terjun memadamkan kebakaran di lokasi, pada Senin dini hari. Diketahui, total  luasan TPA yang terbakar sebesar 3 are, dengan material yang terbakar adalah sampah.

“Sudah titiyang (saya) atensi untuk menghindari merembetnya ke rumah penduduk di sekitarnya. Sementara kami masih bisa tangani,” ungkapnya.

2. Lakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran kembali

Jadi Lokasi Alternatif, TPA Temesi Gianyar Malah TerbakarIlustrasi TPA (IDN Times/Imam Rosidin)

Beberapa upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa di antaranya menyiagakan satu unit armada damkar di lokasi kejadian sejak Senin pagi. Lalu menyemprotkan eco enzim setiap dua atau tiga hari sekali di lokasi, yang sudah dikoordinasikan dengan dinas lingkungan hidup (DLH) setempat.

Dalam kebakaran tersebut, pemadaman dilakukan selama 2,5 jam. Sementara itu penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

“Penyebab masih tahap penyelidikan dari pihak kepolisian,” kata Watha.

3. Ditunjuk sebagai lokasi alternatif pembuangan sampah dari Denpasar

Jadi Lokasi Alternatif, TPA Temesi Gianyar Malah TerbakarKebakaran TPA Suwung di Denpasar Selatan berlanjut (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

TPA Temesi menjadi alternatif lokasi tujuan pembuangan sampah sementara dari Kota Denpasar selama upaya pemadaman kebakaran di TPA Regional Sarbagita Suwung, Kota Denpasar. Hal tersebut diungkapkann oleh Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, dalam arahannya di Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Musibah Kebakaran TPA Suwung, Gedung Gajah Jaya Sabha Rumah Jabatan Gubernur Bali, Minggu (15/10/2023) lalu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya