TNI Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Indonesia-Africa Forum

13 ribu personel berjaga dan siaga untuk event ini

Denpasar, IDN Times - TNI menggelar Tactical Floor Game (TFG) terkait pengamanan VVIP di GOR Yudomo, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan pada Jumat (30/8/2024). TFG ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024. 

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Komando Gabungan Wilayah (Pangkogabwilhan) II sekaligus Panglima Komando Gabungan Pengamanan Terpadu (Pangkogabpadpam), Marsdya TNI M. Khairil Lubis menyampaikan bahwa TFG diselenggarakan untuk dapat mengantisipasi setiap dinamika yang mungkin muncul selama kegiatan besar tersebut berlangsung pada tanggal 1 hingga 3 September 2024.

Struktur organisasi satuan tugas (satgas) dalam pengamanan itu, kata dia, berjumlah 13. "Mereka terdiri dari Satgas Pengamanan VVIP, Satgas Pengamanan Rute, Satgas Pengamanan Wilayah, hingga bencana alam," kata dia, Jumat (30/8/2024).

1. Personel yang bertugas mencapai 13 ribu

TNI Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Indonesia-Africa ForumTactical Floor Game (TFG) pengamanan HLF MSP dan IAF (IDN Times/Ayu Afria)

Khairil Lubis juga mengungkap, sebanyak 8.300 personel TNI, dan 4.300 personel kepolisian akan bertugas pengamanan kegiatan tersebut. Mereka merupakan gabungan personel kewilayahan dan juga dari pusat. Pengamanan juga dibantu oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur dan juga Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Jadi total hampir 13 ribu personel yang diturunkan ke lapangan," ungkapnya.

Sementara itu data hingga hari ini, akan ada 7 pejabat setingkat kepala negara yang akan hadir. "Terdiri dari 4 presiden, satu wakil presiden, dan 2 menteri diangkat menjadi kepala negara," kata dia.

Baca Juga: Indonesia Diperkirakan Raup Rp58 Triliun dari Kesepakatan IAF 2 Bali

2. Petugas juga mengantisipasi masuknya mpox

TNI Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Indonesia-Africa Forumilustrasi hindari hewan terinfeksi (pixabay.com/Alexandra_Koch)

Kehadiran tamu penting yang mencapi 1.500 orang tersebut juga membutuhkan strategi khusus untuk pencegahan mpox. Petugas menyiapkan protokol kesehatan khusus sejak di pintu kedatangan dengan thermalthermal untuk memonitor suhu badan di atas 38 derajat celcius.

"Beliau (Presiden Joko Widodo) memberikan penekanan untuk KTT ini tentang mpox. Sehingga Kementerian Luar Negeri sudah bergerak dengan Kementerian Kesehatan karena perintah Pak Presiden jangan sampai sumbernya dari Afrika kita lengah," ungkapnya.

3. Satgas pengamanan Polri bernama Walrolakir

TNI Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Indonesia-Africa ForumSuasana penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (9/8/2024). (IDN Times/Deti Mega P)

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol H Mohammad Fadil Imran menambahkan, untuk melancarkan kegiatan tersebut, Polri membentuk Satgas Walrolakir.

Satgas ini bertugas untuk mengawal kepala negara, rombongan, dan peserta. Juga telah menyiapkan petugas yang akan melakukan pengaturan dan penjagaan rute yang akan dilalui delegasi.

"Mulai hari ini Kabid Humas Polda Bali akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat," ungkapnya.

4. HLF-MSP dan IAF membahas banyak isu

TNI Siapkan Strategi Khusus Pengamanan Indonesia-Africa ForumBakti Lingkungan: SiapDarling penghijauan di kawasan Candi Prambanan (Dok. Djarum Foundation)

HLF-MSP sendiri merupakan forum internasional yang akan mengundang berbagai pemangku kepentingan di tingkat dunia. Forum ini akan membahas tiga masalah utama global, yakni global polycrisis, kerusakan lingkungan, dan juga melemahnya multilateralisme.

Sedangkan Indonesia-Africa Forum (IAF) adalah pertemuan yang mempertemukan antara Indonesia dengan negara-negara di benua Afrika. Pertemuan ini akan membahas banyak isu seperti ketahanan energi dan juga pangan.

Melalui sinergi antara Visi Indonesia Emas 2045 dan Agenda Pembangunan Afrika 2063, IAF ke-2 tidak hanya membahas kemajuan masing-masing wilayah. Tetapi juga bagaimana kedua benua dapat saling memperkuat dan memberikan dampak positif bagi dunia.

Baca Juga: 6 Gejala Cacar Monyet (Mpox) yang Kini Menjadi Wabah Global

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya