Terungkap Riwayat 5 Kasus Positif COVID-19, Ada WNA Seorang Pilot

Sebelumnya masih dalam tahap investigasi

Denpasar, IDN Times - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Panggulangan COVID-19, Dewa Made Indra menyampaikan bahwa hingga Jumat (17/4), penyebaran COVID-19 di Provinsi Bali, Indonesia, bahkan dunia masih terus meluas.

Tercatat jumlah kumulatif pasien positif di Bali kini mencapai 124 orang. Bertambah 11 orang Warga Negara Indonesia (WNI). Delapan orang di antaranya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan tiga orang transmisi lokal. Selain itu, lima kasus positif COVID-19 yang sebelumnya masih dalam tahap investigasi, kini sudah terungkap, salah satunya adalah seorang pilot WNA dan kini telah kembali ke negara asalnya.

1. Transmisi lokal terus menunjukkan peningkatan

Terungkap Riwayat 5 Kasus Positif COVID-19, Ada WNA Seorang PilotIDN Times/Wira Sanjiwani

Sebanyak 116 pasien positif COVID-19 di Provinsi Bali merupakan WNI. Dari jumlah tersebut, 81 orang merupakan kasus imported case dengan riwayat perjalanan ke luar negeri yakni terdiri dari 77 PMI dan empat orang non PMI.

“Yang berasal dari daerah terjangkit sebanyak 14 orang dan dari transmisi lokal ada 21 orang. Ini artinya dari 124 orang positif Corona di Bali sebanyak 81 orang tidak terdeteksi di Bali tapi dari luar negeri, 14 orang dari daerah terjangkit di luar daerah Bali, dan murni di Bali ada 21 orang melalui transmisi lokal,” jelas Made Indra pada Jumat (17/4).

Jumlah pasien positif dalam perawatan sampai saat ini sebanyak 86 orang. Mereka dirawat di 11 rumah sakit dan dikarantina di Bapelkesmas. Sejauh ini sebanyak 36 orang yang terdiri dari 32 WNI dan empat WNA dinyatakan telah sembuh. Sedangkan pasien yang meninggal dunia tercatat ada dua orang, yang artinya belum ada penambahan.

2. Kasus dalam investigasi sudah terungkap

Terungkap Riwayat 5 Kasus Positif COVID-19, Ada WNA Seorang Pilotunsplash.com/Jon Flobrant

Selain itu lima kasus positif dalam investigasi yang sempat belum terungkap riwayat penularannya kini telah diketahui. Salah satunya diketahui merupakan pilot yang berkewarganegaraan asing dan kini telah kembali ke negaranya. Sisanya, empat orang merupakan WNI asal Bali. Satu orang adalah PMI dan 3 orang transmisi lokal.

“Lima orang yang investigasi kemarin sekarang sudah tidak ada lagi. Satu WNA pilot yang sudah pulang, satu PMI dan tiga orang transmisi lokal. Jadi tidak ada lagi yang diinvestigasi. Semua sudah masuk data tadi ya,” jelasnya.

3. Jumlah PMI yang pulang ke Bali sejak 22 Maret sampai 16 April 2020 sebanyak 9.647 orang

Terungkap Riwayat 5 Kasus Positif COVID-19, Ada WNA Seorang PilotIlustrasi (Dok.IDN Times/istimewa)

Hingga saat ini tercatat sebanyak 9647 PMI yang telah pulang ke Bali dalam kurun waktu 26 hari tersebut. Baik melalui jalur udara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali maupun Pelabuhan Benoa.

“Masih ada yang akan pulang. Menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri, masih akan ada kepulangan PMI ke Bali baik melalui Bandara maupun Pelabuhan Benoa . Mengenai kepastian berapa yang akan pulang, data tersebut masih sulit karena data belum pasti karena para PMI banyak melamar langsung ke agen kapal pesiar sehingga pemerintah tidak ada data pasti,” jelasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya