Terpeleset saat Liburan di Bali, Wisatawan Asal Mojokerto Meninggal

Jatuh dari Tebing Kelingking Beach Nusa Penida

Klungkung, IDN Times – Seorang wisatawan asal Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, Andre Sibolga (30) ditemukan meninggal dunia setelah terjatuh dari Tebing Kelingking Beach, Nusa Penida, Klungkung pada Selasa (22/12/2020). Korban kemudian dievakuasi oleh Tim Search and Rescue (SAR) Basarnas Bali.

Baca Juga: Empat Orang Meninggal Keracunan Gas Bahan Penyamakan Kulit di Bali

1. Korban terpeleset saat liburan ke Kelingking Beach

Terpeleset saat Liburan di Bali, Wisatawan Asal Mojokerto Meninggalinstagram.com/jacquescrafford

Keterangan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada bahwa korban saat itu berlibur di lokasi kejadian bersama keluarganya. Ketika korban sedang kembali menaiki anak tangga, terpeleset dan akhirnya terjatuh. Posisi terjatuhnya korban berada kurang lebih di ketinggian 150 meter.

“Luka-luka di bagian tangan, kaki, badan, dan ada luka di dahi,” terangnya.

2. Korban dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia

Terpeleset saat Liburan di Bali, Wisatawan Asal Mojokerto MeninggalIlustrasi jenazah. IDN Times/Mardya Shakti

Setelah menerima informasi tersebut, Basarnas Bali menerjunkan personel di unit siaga SAR Nusa Penida dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung serta Polsek Nusa Penida.

Evakuasi korban baru bisa dilakukan pukul 13.40 Wita setelah dilaporkan pukul 10.35 Wita karena terkendala koordinasi dengan Polsek setempat, tim medis, dan waktu menuruni tebing. Saat itu diketahui korban sudah dalam kondisi sudah meninggal dunia.

3. Jenazah korban dibawa dengan perahu nelayan

Terpeleset saat Liburan di Bali, Wisatawan Asal Mojokerto MeninggalIlustrasi perahu. IDN Times/Sunariyah

Jenazah korban kemudian dibawa melalui jalur laut menggunakan perahu nelayan.

“Jika membawa korban melalui jalur darat kurang efektif, seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya. Jadi Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah dengan perahu dibawa ke Crystal Bay, Nusa Penida. Selanjutnya menuju RS Pratama,” ungkap Gede.

Menurut Gede bahwa Kelingking Beach Nusa Penida memang terkenal dengan keindahannya. Akan tetapi akses jalan menuju objek wisata tersebut cukup terjal. Setiap pengunjung harus menapaki anak tangga hingga bisa mencapai bibir pantai. Ketinggian tebing mencapai sekitar 300 meter.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya