Singapura Kokoh Jadi Rute Penerbangan Tertinggi dari dan ke Bali

Kedatangan penumpang tertinggi tercatat pada Juli 2024

Badung, IDN Times – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatat kenaikan penumpang dan pergerakan pesawat baik domestik maupun internasional tertinggi selama periode Januari hingga Juli 2024. Rute dengan volume tertinggi dari dan ke Bali adalah Singapura

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, Juli 2024 menjadi bulan dengan pelayanan penumpang tertinggi hingga saat ini. Atau berada 18 persen di atas rata-rata trafik bulanan. 

Selama ini, trafik rata-rata bulanan adalah 1.935.281 penumpang. Sementara pada Juli 2024, terdapat 2.287.949 penumpang dengan 12.688 pergerakan pesawat.

Dari jumlah tersebut, terdapat pelayanan kepada 1.342.187 penumpang internasional dan 945.762 penumpang domestik. Dengan 6.381 pergerakan pesawat internasional dan 6.307 pergerakan pesawat domestik.

“Hal tersebut didorong oleh periode libur anak sekolah. Kami mencatatkan pelayanan kepada 1.039.713 penumpang baik domestik maupun internasional,” terangnya pada Kamis (8/8/2024).

1. Rute Singapura di urutan pertama kedatangan maupun keberangkatan selama Juli 2024

Singapura Kokoh Jadi Rute Penerbangan Tertinggi dari dan ke BaliBandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (Dok.IDN Times/Humas Bandara Ngurah Rai)

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengungkapkan, tercatat 3 rute tertinggi pelayanan penumpang--baik kedatangan maupun keberangkatan-- selama Juli 2024. Rute tertinggi adalah Singapura dengan 256.468 penumpang, kemudian disusul rute Kuala Lumpur yang melayani 193.221 penumpang, dan rute Melbourne dengan 101.341 penumpang.

“Di bulan Agustus ini, terdapat beberapa rencana penambahan rute internasional diantaranya penerbangan rute Denpasar – Kota Kinabalu dan Denpasar – Phuket yang keduanya dioperasikan oleh maskapai Air Asia,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengaku masih terus berkoordinasi dengan beberapa maskapai untuk segera menambah beberapa rute penerbangan menuju Korea Selatan diantaranya Busan dan Pulau Jeju.

2. WN Australia mengisi angka kedatangan tertinggi selama Juli 2024

Singapura Kokoh Jadi Rute Penerbangan Tertinggi dari dan ke BaliBandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (Dok.IDN Times/Humas Bandara Ngurah Rai)

Sementara itu berdasarkan data yang diperoleh dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Australia menjadi negara dengan jumlah kedatangan WNA tertinggi di Pulau Bali di bulan Juli dengan terdapat 159.567 WNA. Disusul kemudian oleh China dengan jumlah kedatangan mencapai 49.250 WNA, dan India sebanyak 45.981 WNA.

“Dengan terus bertumbuhnya jumlah trafik penumpang, dan pergerakan pesawat, maka segala aspek pelayanan kami tingkatkan. Untuk menunjang operasional penerbangan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

  • Beberapa pekerjaan optimalisasi peningkatan fasilitas dan layanan diantaranya:
  • Area Passenger Security Check Point (PSCP) terminal internasional dan domestik
  • Pembangunan jembatan penyeberangan orang di kedatangan domestik
  • Pelebaran jalan akses kendaraan di kawasan bandara

3. Jakarta menjadi rute penerbangan domestik tertinggi selama Juli 2024

Singapura Kokoh Jadi Rute Penerbangan Tertinggi dari dan ke BaliIlustrasi Pantai Kuta (IDN Times/Ayu Afria)

Sementara itu, rute domestik dengan pelayanan tertinggi masih didominasi oleh penerbangan menuju Jakarta (CGK) mencapai 457.528 penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan. Kemudian, rute Surabaya menjadi rute domestik tertinggi selanjutnya dengan jumlah pelayanan kepada 128.884 penumpang, serta Labuan Bajo sebanyak 62.366 penumpang.

Saat ini, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani 36 rute penerbangan internasional dengan 39 maskapai dan 22 rute penerbangan domestik dengan 11 maskapai.

Baca Juga: Kocong dan Ibunya Dideportasi Hari Ini, Enggan Tinggalkan Bali

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya