Satu Jenazah Korban KMP Yunicee Ditemukan, 17 Korban Dalam Pencarian

Semoga bisa segera ditemukan

Jembrana, IDN Times – Tim Search and Rescue (SAR) menemukan satu jenazah penumpang KMP Yunicee pada pencarian hari kelima, Sabtu (3/7/2021) pukul 08.42 Wita. Posisi jenazah ditemukan di Perairan Cekik, Kabupaten Jembrana dalam kondisi terapung.

1. Jenazah tersebut berjenis kelamin laki-laki

Satu Jenazah Korban KMP Yunicee Ditemukan, 17 Korban Dalam PencarianPenemuan jenazah KMP Yunicee di Perairan Cekik. (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Menurut keterangan Kepala Kantor Basarnas Bali sekaligus SMC (SAR Mission Coordinator), Gede Darmada, Tim SAR Gabungan yang menggunakan speed boat Polair menemukan jenazah terapung tersebut di koordinat 08° 11' 25"S -115°26'3"E pada Sabtu (3/7/2021), pukul 08.42 Wita.

“Jenazah terapung dengan ciri-ciri jenis kelamin laki-laki, memakai kemeja hitam, celana pendek cokelat, dan sepatu warna biru," ungkapnya.

2. Jenazah teridentifikasi sebagai warga Sumenep

Satu Jenazah Korban KMP Yunicee Ditemukan, 17 Korban Dalam PencarianSuasana saat evakuasi KMP Yunicee yang tenggelam di Gilimanuk, Selasa (29/6/2021). (Dok.IDNTimes/Tangkapan Layar)

Setibanya di Teluk Gilimanuk, jenazah langsung dibawa ke RSUD Negara menggunakan ambulans Potensi SAR Radio 115. Kondisi jenazah sudah tidak bisa dikenali secara visual, namun sidik jarinya masih bisa terbaca MAMBIS. Hasil identifikasi korban merupakan warga Kabupaten Sumenep, Madura bernama Miftahol Arifin (44).

"Info awal hasil identifikasi sidik jari oleh tim Inafis Polda Bali dan tim Inafis Polres Jembrana," terang Darmada.

3. Masuk dalam data manifest penumpang KMP Yunicee

Satu Jenazah Korban KMP Yunicee Ditemukan, 17 Korban Dalam PencarianSuasana saat evakuasi KMP Yunicee yang tenggelam di Gilimanuk, Selasa (29/6/2021). (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Gede Darmada mengungkapkan bahwa berdasarkan data Ante Mortem dan Post Mortem yang diterima Posko SAR Gabungan Pencarian Korban KMP Yunicee di Gilimanuk, menyebutkan ada kecocokan yaitu ompong pada gigi depan bagian atas. Selain itu, berdasarkan keterangan keluarga korban, menyatakan saat kejadian mengenakan celana pendek.

“Korban termasuk dalam data yang ada dalam manifes KMP Yunicee,” ungkapnya.

4. Pencarian korban terus berlanjut

Satu Jenazah Korban KMP Yunicee Ditemukan, 17 Korban Dalam PencarianPencarian KMP Yunicee di hari keempat, Jumat (2/7/2021) di Selat Bali. (Dok.IDNTimes/Tangkapan layar)

Sebelumnya, saat rapat verifikasi dan validasi data manifest KMP YUnicee, pada Kamis (1/7/2021), didapatkan jumlah Person On Boat (POB) sebanyak 76 orang. Terdiri dari 12 ABK, 4 orang pekerja kantin, dan 60 orang sisanya adalah penumpang. Dari jumlah tersebut 51 orang dinyatakan selamat, 7 orang meninggal dunia, dan 18 orang masih dalam pencarian.
Dengan ditemukannya satu jenazah di hari pencarian kelima, maka sebanyak 17 orang masih dalam pencarian.

Tim SAR Gabungan terus melanjutkan operasi SAR pencarian korban tenggelamnya KMP Yunicee. KRI Rigel 933 kembali dikerahkan menuju posisi diduga keberadaan KMP Yunicee di bawah laut untuk bisa memastikan posisi KMP Yunicee. Selain itu, pembagian search area kepada masing-masing unsur SAR telah dilakukan sesuai dengan perhitungan arah arus.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya