RSUP Sanglah Bali Vaksinasi Nakes Usia di Atas 60 Tahun, Dosis Sama 

Perbedaan ada pada jadwal vaksinasi kedua

Denpasar, IDN Times – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar melaksanakan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakses) yang berusia di atas 60 tahun, pada Senin (8/2/2021) dan hari ini Selasa (9/2/2021).

Kasubbag Humas RSUP Sanglah, I Dewa Ketut Kresna, menyampaikan bahwa dalam proses vaksinasi ini tidak berbeda jauh dengan vaksinasi pada usia produktif. Mengapa demikian? Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga: Data Nakes Penerima Vaksin Simpang Siur, Ombudsman Bali: Clearkan 

1. Nakes berusia di atas 60 tahun jumlahnya 57 orang

RSUP Sanglah Bali Vaksinasi Nakes Usia di Atas 60 Tahun, Dosis Sama IDN Times/Ayu Afria

Dewa Ketut Kresna menyampaikan bahwa sesuai arahan Menteri Kesehatan, pada Senin (8/2/2021) RSUP Sanglah mulai melakukan vaksinasi pada nakes yang berusia di atas 60 tahun. Tercatat ada sebanyak 57 orang nakes yang akan mendapatkan jatah vaksin COVID-19 jenis Sinovac ini di lantai III Gedung Wing Amertha.

“Vaksinasi ini dilakukan setelah sebelumnya RSUP Sanglah melakukan vaksinasi kepada nakes usia 18 hingga 59 tahun, peserta didik, relawan, dan tenaga outsourcing,” jelasnya.

2. Satu orang gagal karena tensi darah naik saat di-screening

RSUP Sanglah Bali Vaksinasi Nakes Usia di Atas 60 Tahun, Dosis Sama Nakes di atas 60 tahun mendapatkan vaksinasi di RSUP Sanglah (Dok.IDN Times/Humas RSUP Sanglah)

Vaksinasi yang dilakukan hari Senin diikuti oleh oleh 23 nakes. Namun hanya 22 orang yang mendapat vaksin, sedangkan satu orang lainnya gagal karena tensi darahnya naik saat di-screening. Sisanya djadwalkan menerima hari ini, Selasa (9/2/2021).

“Bila semua ini telah terlaksana, maka seluruh SDM yang bekerja di RSUP Sanglah, akan mendapatkan vaksin. Semoga ini bisa mempercepat penanggulangan penularan COVID-19 di masyarakat,” ungkap Dewa Ketut Kresna.

3. Vaksinasi kedua dilakukan di hari ke-28

RSUP Sanglah Bali Vaksinasi Nakes Usia di Atas 60 Tahun, Dosis Sama Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Apabila pada usia produktif vaksinasi COVID-19 dilakukan di hari ke-14, maka bagi nakes yang berusia di atas 60 tahun ini, dilakukan pada hari ke-28 setelah vaksinasi pertama.

“Vaksinnya, jarumnya, dosisnya, takarannya sama ya. Hanya yang vaksinasi kedua mereka di hari ke-28,” kata Dewa Ketut Kresna.

Nakes dengan usia di atas 60 tahun yang mendapatkan vaksin adalah para professor, guru besar, dan dokter senior di RSUP Sanglah.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya