Ratusan Nelayan di Denpasar Dapat Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Program yang bagus nih~

Denpasar, IDN Times – Ratusan nelayan di Kota Denpasar mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan pada Jumat (22/3/2024). Kartu ini diserahkan langsung oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara simbolis kepada 349 orang. 

Penerima tergabung dalam kelompok nelayan di Posko Kelompok Nelayan Segara Guna Batu Lumbang, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan.

“Penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan ini untuk memberikan perlindungan sosial terhadap risiko yang mungkin dihadapi oleh para nelayan,” kata Arya Wibawa.

Baca Juga: 6 Tempat Berburu Takjil di Denpasar, Yuk Ramaikan!

1. Nelayan semakin siap menghadapi risiko saat melaut

Ratusan Nelayan di Denpasar Dapat Kartu BPJS Ketenagakerjaanilustrasi mangrove (pexels.com/RAVENA LAGES)

Dalam keterangannya, Arya Wibawa menyampaikan, nelayan di Kota Denpasar kini bisa lega karena telah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, kata dia,  jika terjadi risiko saat menjalankan pekerjaannya di laut, mereka mendapatkan perlindungan sosial. Dengan memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan, para nelayan mendapatkan jaminan perlindungan ketenagakerjaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini diharapkan para nelayan dapat lebih aman jika terjadi risiko di laut, serta meningkatkan kesejahteraan dan keamanan finansial bagi mereka," terangnya.

2. Peran kelompok nelayan Segara Guna Batu Lumbang dalam menjaga kebersihan pesisir pantai

Ratusan Nelayan di Denpasar Dapat Kartu BPJS Ketenagakerjaanilustrasi mangrove (freepik.com/wirestock)

Usai penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan, Wali Kota Arya Wibawa dan sejumlah nelayan kemudian susur mangrove. Kegiatan ini rutin dilaksanakan kelompok nelayan Segara Guna Batu Lumbang dalam menjaga kebersihan pesisir pantai, dan menjaga keasrian hutan mangrove agar tetap lestari. Keberadaan hutan mangrove ini ia akui memberikan banyak manfaat kepada kehidupan.

“Karena terjaganya hutan mangrove yang banyak memberikan manfaat bagi kita, seperti menjadi sumber oksigen, mencegah gelombang tinggi atau tsunami, dan mencegah abrasi di pesisir pantai,” terangnya.

Selain itu pohon mangrove juga dapat diolah menjadi kerajinan, makanan ringan, hingga minuman.

3. Nelayan bergerak mengajak generasi muda

Ratusan Nelayan di Denpasar Dapat Kartu BPJS KetenagakerjaanNelayan di Denpasar mengajak anak muda menjaga lingkungan (Dok.IDN Times/istimewa)

Sementara Ketua Panitia Susur Mangrove, Wayan Sukerti menyampaikan, selain kegiatan tersebut, para nelayan juga menerima 50 paket sembako. Sedangkan dalam kegiatan pelestarian habitat pantai pihaknya telah mengajak 200 orang perwakilan siswa SMA dan SMK se-Kota Denpasar, masyarakat dan komunitas peduli lingkungan.

"Kami berharap kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan ini dapat bermanfaat bagi nelayan di Kota Denpasar. Dan melalui lomba susur mangrove ini agar dapat menanam rasa kepedulian lingkungan sejak dini kepada anak muda," urainya.

Baca Juga: 5 Kafe Tepi Sawah di Denpasar, Tutup Sampai Jam 11 Malam

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya