Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Renang Nasional di Buleleng 

Diharapkan atlet Bali bisa menorehkan prestasi

Buleleng, IDN Times – Ratusan atlet mengikuti Kejuaraan Renang Tingkat Nasional Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia untuk memperebutkan Piala Gubernur Bali 2022. Event ini berlangsung di Kolam Renang Nirmala Sari Buleleng.

Kejuaraan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, yang kerap disapa Cok Ace, pada Kamis (1/9/2022). Kategori yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini adalah KU IV hingga senior, serta dimeriahkan kelas master.

Baca Juga: [LIPSUS] Siapa Dalang di Balik Dugaan Reklamasi Pantai Melasti Bali?  

1. Diikuti atlet dari 36 perkumpulan renang di berbagai daerah di Indonesia

Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Renang Nasional di Buleleng Ilustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh 433 atlet dari 36 perkumpulan renang di berbagai daerah di Indonesia. Mereka bertanding di kolam renang yang telah ditetapkan memenuhi standar nasional, sekaligus untuk mengukur kemampuan atlet renang Bali.

Selain itu, kejuaraan ini juga diharapkan dapat dijadikan indikator keberhasilan pembinaan yang selama ini telah dilaksanakan. Termasuk sebagai upaya mendorong pembinaan atlet renang secara berkesinambungan.

“Saya sangat mengapresiasi langkah pengurus PRSI Bali beserta seluruh jajaran panitia,” ujar Cok Ace.

2. Bali menaruh harapan kepada PRSI untuk lebih gencar menyelenggarakan event

Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Renang Nasional di Buleleng Ilustrasi olahraga air. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Menurut Cok Ace, berbagai kejuaraan olahraga, mulai dari tingkat daerah hingga internasional, belakangan ini mulai intens diselenggarakan di Bali. Ia mendorong Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) sebagai salah satu induk cabang olahraga memanfaatkan momen untuk menambah frekuensi kejuaraan bagi atlet renang Bali. PRSI juga diminta untuk lebih gencar dalam memasyarakatkan cabang olahraga renang.

Cok Ace berharap kejuaraan ini berdampak positif bagi perkembangan olahraga renang di Pulau Dewata. “Saya yakin, PRSI dengan dukungan dari semua pihak dapat melaksanakan kejuaraan semacam ini secara berkelanjutan dengan lebih banyak lagi jumlah peserta dan kualitas yang ditingkatkan,” pungkasnya.

3. Cabor renang memiliki posisi strategis bagi Bali

Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Renang Nasional di Buleleng Ilustrasi atlet renang. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali, Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana, mengatakan untuk pertama kalinya bisa menggelar kejuaraan tingkat nasional. Kendati dengan dukungan sarana dan prasarana yang masih terbatas, namun ia yakin kejuaraan ini akan berjalan dengan baik.

Cabang olahraga renang ini menurutnya memiliki posisi strategis bagi Bali. Apalagi saat ini Bali menempati peringkat empat nasional dalam prestasi di cabor renang. Ia menegaskan, cabor renang membutuhkan perhatian serius agar ke depannya lebih banyak atlet renang yang mampu menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Bali.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya