Prakiraan Cuaca Bali 15 Desember, Waspada Petir Hingga Gelombang Laut

Jangan lupa bawa jas hujan ya

Denpasar, IDN Times – Sempat diberitakan bahwa musim hujan di Denpasar bakalan mundur, namun kini sudah tiga kali hujan turun mengguyur Kota Denpasar. Padahal meski memasuki awal bulan Desember, Denpasar juga belum mendapatkan kiriman hujan. Sementara di beberapa wilayah Bali lainnya sudah mulai musim hujan.

Suhu udara di wilayah Denpasar akhir-akhir ini juga terasa lebih panas pada siang hari. Tercatat, hujan pertama kali mengguyur Kota Denpasar, pada Sabtu (7/12), tetapi tidak terlalu lebat. Hujan kedua kalinya terjadi pada Kamis (12/12) sore, dengan cukup lebat. Hujan lebat disertai petir mengguyur Denpasar ketiga kalinya, pada Jumat (13/12) sore.

1. Waspadai hujan lebat disertai angin kencang dan potensi petir

Prakiraan Cuaca Bali 15 Desember, Waspada Petir Hingga Gelombang LautIlustrasi jika musim hujan tiba (ANTARA FOTO/Rahmad)

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mencatat peringatan dini cuaca Bali pada Jumat (13/12) sore. Bali diguyur hujan sedang-lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang di Mendoyo, Petang, Tegallalang, Tampaksiring, Busungbiu, dan dapat meluas ke wilayah Susut, Bangli, Tembuku, Pekutatan, Selemadeg, Pupuan, Sukasada, Kintamani, Rendang, Kubu, Penebel, Payangan, Sawan, Baturiti, Gunung Agung, Selat, dan sekitarnya.

“Tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat diimbau agar ettap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angina kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir,” imbau Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan.

2. Berikut ini cuaca wilayah Bali sejak 13 Desember hingga 15 Desember 2019:

Prakiraan Cuaca Bali 15 Desember, Waspada Petir Hingga Gelombang LautIlustrasi awan. (Pixabay.com/Free-Photos-242387)

Kondisi cuaca hari Jumat (13/12), wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir serta angin kencang terjadi di Buleleng, Tabanan, Bangli, Gianyar, dan Badung.

Sedangkan untuk Sabtu (14/12) terjadi di wilayah Jembrana, Tabanan, Bangli, Badung dan Karangasem. Untuk Minggu (15/12), diperkirakan hanya terjadi di tiga wilayah yakni Bangli, Tabanan dan Karangasem.

3. BMKG ingatkan risiko tinggi terhadap beberapa pelayaran dua hari ke depan

Prakiraan Cuaca Bali 15 Desember, Waspada Petir Hingga Gelombang LautANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Kondisi tinggi gelombang di beberapa perairan seperti Perairan Selat Bali-Nusa Tenggara Barat (NTB), Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali-NTB diperkirakan 1,25 sampai 2,5 meter.

Oleh karena itu BMKG wilayah III Denpasar mengingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Di antaranya perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 1,5 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal Ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2,5 meter. Serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot, dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam area peringatan dini di atas, diimbau untuk mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut,” terangnya.

Fenomena pasang maksimum air laut dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya