5 Potret Suasana Terkini di Pos Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali

Hari keempat pencarian KRI Nanggala-402

Badung, IDN Times - Pencarian kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402 masih terus dilakukan. Sebelumnya disebutkan bahwa Sabtu (24/4/2021) dini hari pukul 03.00 WITA merupakan batas ketersediaan oksigen di KRI Nanggala-402.

Kapal selam ini diperkirakan hilang di perairan Bali sekitar 60 mile laut utara Pulau Bali, pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 03.00 Wita. Pencarian yang dilakukan juga melibatkan bantuan kekuatan militer negara asing.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Achmad Riad, mengungkapkan bahwa temuan awal titik dengan kemagnetan yang tinggi pada kedalaman 50-100 meter melayang berada di utara Celukan Bawang. Pihaknya berharap bahwa hal yang dimaksud adalah Nanggala-402.

“Perkembangan dari peralatan-peralatan KRI yang sudah berada di tempat atau sudah berada di sekitar lokasi yang saat ini berada di utara Pulau Bali. Jadi kalau ditarik garis jaraknya dari Celukan Bawang, itu kurang lebih sekitar 23 nautical miles atau 40 km di utara Celukan Bawang,” jelasnya pada Jumat (23/4/2021) petang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Sabtu (24/4/2021), pukul 11.24 WITA kembali berangkat dari Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, menuju lokasi pencarian KRI Nanggala-402. Hadi menggunakan helikopter dari Lapangan Udara Ngurah Rai.

Berikut beberapa potret suasana terkini di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Sabtu (24/4/2021). 

Baca Juga: Fakta-fakta Kelaikan Nanggala-402 Sebelum Dinyatakan Hilang Kontak

1. Selain bantuan dari negara Singapura dan Malaysia, ada pula bantuan dari Amerika Serikat dalam upaya pencarian Nanggala-402

5 Potret Suasana Terkini di Pos Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai BaliPoseidon pesawat militer Angkatan Laut AS parkir di Lanud Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Sabtu (24/4/2021). (IDNTimes/Ayu Afria)

2. Sejak hari pertama pencarian, helikopter milik TNI Al terus bersiaga di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai

5 Potret Suasana Terkini di Pos Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai BaliHelikopter milik TNI AL yang standby di Lanud Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Sabtu (24/4/2021). (IDNTimes/Ayu Afria)

3. Nanggala-402 belum juga ditemukan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali menuju lokasi pencarian

5 Potret Suasana Terkini di Pos Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai BaliPanglima TNI berangkat ke lokasi pencarian dari Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Sabtu (24/4/2021). (IDNTimes/Ayu Afria)

4. Semua awak media yang akan melakukan peliputan perkembangan pencarian Nanggala-402 harus mengikuti rapid test antigen

5 Potret Suasana Terkini di Pos Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai BaliRapid test untuk awak media yang hendak meliput di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Sabtu (24/4/2021). (IDNTimes/Ayu Afria)

5. Awak media saat merekam keberangkatan Panglima TNI dari Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai

5 Potret Suasana Terkini di Pos Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai BaliPotret awak media yang mendokumentasikan keberangkatan Panglima TNI dari Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Sabtu (24/4/2021). (IDNTimes/Ayu Afria)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KRI Nanggala-402 menjadi salah satu pelaku pada latihan penembakan rudal di Laut Bali, yang direncanakan dilaksanakan pada Kamis (22/4/2021), disaksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudho Margono. KRI Nanggala-402 memiliki "saudara kembar" yaitu KRI Cakra-401.

Sistem propulsi KRI Nanggala-402 berintikan motor diesel-elektrik Siemens low-speed yang tenaga kerjanya langsung disalurkan ke baling-baling di buritan. Kekuatan daya dorongnya adalah 5.000 shp (shaft horse power), sedangkan baterai-baterai listriknya dengan bobot sekitar 25 persen bobot bruto kapal menyimpan daya listrik. Ada empat mesin diesel MTU diesel supercharged yang bertanggung jawab dalam penyediaan daya listrik kapal.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya