Polda Bali Sidak SPBU di Denpasar Jelang Hari Raya Idul Fitri

Pengelola SPBU, jangan curangi warga ya

Denpasar, IDN Times – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Bali bersama Bidang Metrologi dan Tertib Niaga Disperindag Kota Denpasar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SPBU wilayah Denpasar.

Beberapa lokasi yang disidak, antara lain SPBU Jalan WR Supratman dan SPBU sepanjang Jalan Gatot Subroto Timur. Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Bali, AKBP Iqbal Sangaji mengatakan, ini merupakan langkah antisipasi kecurangan terhadap penjualan bahan bakar minyak atau BBM.

“Kami mengimbau bagi SPBU-SPBU yang ada di wilayah hukum Polda Bali, jangan sampai ada yang berbuat curang, dan merugikan masyarakat, jika ditemukan Polda Bali pasti akan menindak tegas oknum tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Distribusi BBM dan Elpiji Sebulan ke Depan di Bali Aman

1. Polisi fokus pada pengecekan mesin display dan kesesuaian angkanya dengan BBM yang keluar

Polda Bali Sidak SPBU di Denpasar Jelang Hari Raya Idul FitriPengecekan SPBU di Denpasar oleh Polda Bali dan Disperindag (Dok.IDN Times/istimewa)

Sangaji mengatakan, petugas mengecek satu per satu mesin BBM, baik yang bersubsidi maupun non-subsidi. Pihaknya kemudian mencocokkan antara jumlah pengeluaran BBM yang tertera di mesin dengan BBM yang keluar dari mesin.

“Personel juga mengecek kondisi kelayakan mesin-mesin tersebut,” ungkapnya.

2. Petugas SPBU juga mendapatkan imbauan

Polda Bali Sidak SPBU di Denpasar Jelang Hari Raya Idul FitriPertamina menjamin stok BBM dan LPG di Bali aman saat lebaran (Dok.IDN Times/istimewa)

Selain itu personel mendata ketersediaan BBM di masing-masing SPBU. Juga memberikan arahan kepada para pegawai SPBU, agar selalu mengecek kondisi mesin dan stok BBM.

3. Hasil sidak tidak ada temuan kecurangan

Polda Bali Sidak SPBU di Denpasar Jelang Hari Raya Idul FitriMobil Pertamina di Jalan Raya Teuku Umar Barat (IDN Times/Ayu Afria)

Dari hasil sidak SPBU tersebut, menurut Sangaji, tidak ada temuan kecurangan atau hal-hal yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat. Ia menjelaskan bahwa mesin BBM rata-rata berfungsi baik dan normal. 

“Terkait ketersediaan BBM dalam rangka mudik lebaran nanti, dari hasil koordinasi kami dengan Pertamina dan depo-depo Pertamina, ketersediaan BBM Bali masih aman,” ungkapnya.

Baca Juga: Polresta Denpasar Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya