Pergerakan Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Sudah Tumbuh 116 Persen

Semoga kondisi semakin membaik ya semeton

Badung, IDN Times – Selama awal tahun hingga Agustus 2020, Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani sebanyak 5.045.479 penumpang yang terangkut melalui 41.123 pergerakan pesawat udara. Khususnya pada Agustus 2020, pihak PT. Angkasa Pura I mencatat pertumbuhan penumpang dan pergerakan pesawat yang cukup signifikan dan didominasi oleh rute domestik.

1. Bulan Agustus pergerakan pesawat udara tumbuh 73 persen

Pergerakan Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Sudah Tumbuh 116 PersenSuasana Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (Dok.IDN Times/Humas Bandara Ngurah Rai)

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Herry A Y Sikado mengungkapkan bahwa selama bulan Agustus 2020 mencatat sebanyak 174.462 penumpang terlayani melalui 2.385 pesawat udara. Sedangkan Juli 2020, terdapat 80.586 penumpang serta 1.381 pergerakan pesawat udara yang terlayani.

Sehingga bulan Agustus 2020 lalu terjadi pertumbuhan sebesar 116 persen untuk pergerakan penumpang, serta 73 persen untuk pergerakan pesawat udara.

“Dari bulan ke bulan, kami mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan. Jika dirata-rata, pertumbuhan rata-rata dari bulan Mei hingga Agustus ini adalah sebesar 183 persen untuk penumpang, dan 98 persen untuk pergerakan pesawat udara,” ucapnya.

Baca Juga: Ada Izin, Bandara Ngurah Rai Bali Buka Penerbangan ke Beberapa Daerah 

2. Rute domestik mendominasi hampir 99 persen

Pergerakan Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Sudah Tumbuh 116 PersenIDN Times/Ayu Afria

Dari jumlah penumpang yang terlayani selama Agustus 2020 lalu, didominasi penumpang rute domestik yang mencapai 99 persen atau 172.117 penumpang. Sisanya 2.345 orang merupakan penumpang rute internasional.

“Dengan masih berlakunya Permenkumham No. 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang pelarangan sementara masuknya penumpang berkewarganegaraan asing ke wilayah Indonesia, saat ini mayoritas penumpang yang terlayani adalah penumpang berkewarganegaraan Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga: Ada Izin, Bandara Ngurah Rai Bali Buka Penerbangan ke Beberapa Daerah 

3. Terminal penumpang sudah berfungsi 50 persen

Pergerakan Penumpang Bandara Ngurah Rai Bali Sudah Tumbuh 116 PersenDok.IDN Times/istimewa

Dengan tren jumlah penumpang dan pergerakan pesawat yang terus bertumbuh setiap bulannya, Henry mengungkapkan telah melakukan antisipasi yakni penyiapan infrastruktur serta dengan pengelolaan kapasitas terminal.

“Kini, terminal penumpang kami fungsikan sebesar 50 persen dari kapasitas optimal terminal. Setelah sebelumnya hanya berfungsi sebesar 35 persen. Protokol kesehatan tetap diterapkan secara maksimal, semuanya tetap kami jalankan secara optimal demi terselenggaranya kegiatan transportasi udara yang aman dan nyaman,” tambahnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya