Penumpang KMP Gilimanuk 1 Asal Sumba Jatuh ke Laut

Hati-hati ya kalau naik kapal feri

Jembrana, IDN Times - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan melaksanakan pencarian hari kedua terhadap seorang penumpang KMP Gilimanuk 1, yang terjatuh dari lambung kanan kapal di Perairan Selat Bali, pada Selasa (5/11). Korban yang diketahui bernama Dominggus Tonggorongo (22) asal Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut hingga kini belum ditemukan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) mendapatkan laporan dari seorang nggota TNI Angkatan Laut Gilimanuk bernama Hendra, sekitar pukul 22.30 Wita. Tim rescue yang berada di unit siaga SAR Gilimanuk langsung bergerak. Namun pencarian hanya bisa dilakukan satu shorty karena jarak pandang terbatas dan tidak efektif saat itu.

1. Belum diketahui penyebab korban terjatuh

Penumpang KMP Gilimanuk 1 Asal Sumba Jatuh ke LautIlustrasi SAR Bali. (Instagram.com/basarnas_bali)

Sampai saat ini belum diketahui penyebab Dominggus Tonggorongo bisa jatuh ke laut saat menumpang KMP Gilimanuk I yang berlayar dari Ketapang menuju Gilimanuk, pada Senin (4/11) pukul 19.15 WIB.

2. Kapal yang ditumpangi korban lima kali melakukan olah gerak

Penumpang KMP Gilimanuk 1 Asal Sumba Jatuh ke LautIlustrasi kapal feri. (IDN Times/Auriga Agustina)

Setelah diketahui ada yang terjatuh, kapal melakukan olah gerak, mengelilingi posisi korban terjatuh sebanyak lima kali. Tepatnya pada koordinat 8° 9.069'S- 114° 25.525'E. Namun hasilnya nihil.

3. Tim rescue masih upayakan pencarian korban

Penumpang KMP Gilimanuk 1 Asal Sumba Jatuh ke LautIDN Times/Ayu Afria

Pada Selasa (5/11) pagi, Basarnas Bali mengerahkan delapan orang personel dari Pos SAR Jembrana menggunakan Rigid Inflatable Boats (RIB), dan melakukan penyisiran di sekitar posisi korban terjatuh.

"Apabila kondisi cuaca mendukung maka operasi SAR akan berlangsung hingga pukul 18.00 Wita dan luas area pencarian mencakup 8 Nm2 dengan alut RIB dan speed boat," jelas Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Bali, I Made Junetra, saat dikonfirmasi.

Selain petugas SAR juga terlibat personel dari TNI AL Pos Gilimanuk, Polair Pos Gilimanuk, Polsek Jembrana, KPLP Gilimanuk, ASDP Gilimanuk dan nelayan setempat.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya