[BREAKING] Panglima TNI Menuju Lokasi Pencarian KRI Nanggala-402 

Semoga proses pencarian berjalan dengan lancar

Badung, IDN Times – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berangkat ke lokasi pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 pada Kamis (22/4/2021) sekitar pukul 10.00 Wita dari Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung menggunakan helikopter milik TNI Angkatan Laut yang sejak dari pagi sudah dipersiapkan.

“Panglima akan ke on the spot. Jadi akan ke KRI Soeharso. Di sana ada Bapak KASAL. Akan bertemu dengan Bapak KASAL akan mendapatkan informasi. Tadi malam proses pencarian berjalan sampai saat ini berjalan terus,” jelas Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Acham Riad.

Sebagai informasi, KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan Bali sekitar 60 mile laut utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 Wita, dalam manuver menyelam.  

KRI Nanggala-402 menjadi salah satu pelaku pada latihan penembakan rudal di Laut Bali, yang direncanakan dilaksanakan pada Kamis (22/4/2021), disaksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudho Margono. KRI Nanggala-402 memiliki "saudara kembar" yaitu KRI Cakra-401.

Sistem propulsi KRI Nanggala-402 berintikan motor diesel-elektrik Siemens low-speed yang tenaga kerjanya langsung disalurkan ke baling-baling di buritan. Kekuatan daya dorongnya adalah 5.000 shp (shaft horse power), sedangkan baterai-baterai listriknya dengan bobot sekitar 25 persen bobot bruto kapal menyimpan daya listrik. Ada empat mesin diesel MTU diesel supercharged yang bertanggung jawab dalam penyediaan daya listrik kapal.

Baca Juga: [BREAKING] Kapuspen TNI Tegaskan Kapal Selam Nanggala-402 Belum Ditemukan

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya