Ojek Online Dilibatkan Untuk Cegah Perdagangan Perempuan dan Anak

Mantap nih. Drivernya bakalan dapat pelatihan

Denpasar, IDN Times - Siapa saja bisa menjadi target dan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), terutama perempuan dan anak. Karena itu semua elemen turut berperan untuk mencegah permasalahan ini. Tidak terkecuali aplikasi Grab, yang sejak tahun lalu meneken MoU (Memorandum of Understanding) dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk pencegahan TPPO.

Kerja sama ini sebagai upaya pencegahan dan pelaporan dugaan kasus TPPO, dan eksploitasi seksual komersial anak di Indonesia.

Deputi Menteri Bidang Perlindungan Hak Perempuan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Prof Vennetia Danes, menyambut baik inisiatif Grab selaku sektor swasta yang turut mengambil peran ini. Mengingat Grab sebagai aplikasi digunakan di 234 kota seluruh Indonesia.

Sehingga diharapkan bisa membantu mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, sekaligus promosi perlindungan anak di Bali dan wilayah lain Indonesia.

1. Terdapat 7.047 kasus kekerasan anak yang terjadi di lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

Ojek Online Dilibatkan Untuk Cegah Perdagangan Perempuan dan Anakvocal.media

KPAI mencatat, berdasarkan data laporan pada kurun waktu 2011-2019, kekerasan anak yang terjadi di lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif mencapai 7.047 kasus. Dengan puncak kasus terjadi di tahun 2013 mencapai 931 kasus dalam setahun. Tren angka kekerasan kemudian turun menjadi 822 kasus di tahun 2015 dan 714 kasus pada tahun 2017.

Sedangkan kasus trafficking dan eksploitasi kurun tahun yang sama mencapai total 2.385 kasus. Tertinggi pada tahun 2017 yang mencapai 347 kasus.

"Kemitraan seperti ini menjadi penting, karena masalah TPPO dan kekerasan seksual terhadap anak khususnya eksploitasi seksual komersial anak hanya bisa diatasi melalui kerja sama yang erat antar berbagai pihak, baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara, Aparat Penegak Hukum, maupun Non-Pemerintah, dan dalam hal ini, dunia usaha,” terang Komisioner KPAI, Ai Maryati Solihah, Kamis (16/1).

2. Kasus driver Grab di Bekasi yang menyelamatkan anak korban TPPO, menjadi bukti bahwa sektor swasta sangat berperan

Ojek Online Dilibatkan Untuk Cegah Perdagangan Perempuan dan AnakDok.IDN Times/Istimewa

Wakil Ketua LPSK, Livia Istania DF Iskandar, mengungkapkan salah satu bukti pentingnya peran-peran sektor swasta dalam pencegahan TPPO, adalah driver Grab di Bekasi yang membantu penyelamatan seorang anak korban TPPO tahun 2019 lalu. Ia terlihat linglung ketika minta diantarkan mencari alamat. Sang driver berinisiatif mengantarkan korban ke kantor LPSK di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, untuk mendapatkan perlindungan.

Pihaknya berharap, dengan pelatihan online melalui GrabAcademy, akan ada lebih banyak lagi mitra pengemudi yang berperan aktif dalam pencegahan dan pemberantasan TPPO.

3. Pihak Grab akui peran mitra pengemudinya sangat penting untuk mencapai tujuan ini

Ojek Online Dilibatkan Untuk Cegah Perdagangan Perempuan dan AnakIDN Times/Ayu Afria

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, menanggapi bahwa kolaborasi dalam inisiatif di bidang pencegahan dan pemberantasan TPPO ini merupakan bagian dari misi 2025 GrabforGood. Di mana salah satu poinnya adalah mewujudkan layanan digital yang aman dan inklusif dengan memanfaatkan kapasitas teknologi, platform, dan kerja sama.

“Grab berkomitmen untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan. Jangkauan layanan aplikasi Grab di Indonesia sudah sangat luas. Mencapai 234 kota dari Sabang sampai Merauke, diharapkan dapat menjadi entry point yang sangat penting untuk mengidentifikasi dan mencegah terjadinya TPPO dan eksploitasi seksual komersial anak," ujarnya.

Rencananya, untuk mendukung tujuan ini, Grab akan mengadakan pelatihan yang bakal diikuti 200 ribu mitra driver-nya. Mereka nantinya akan diberi pengetahuan bagaimana mengenali situasi yang berpotensi mengarah kepada TPPO. Untuk kemudian bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

Selain itu juga menyiapkan sistem dukungan pelaporan melalui tim Layanan Pelanggan, yang beroperasi 24 jam selama seminggu. Kerja sama ini sebagai bentuk inovasi berkelanjutan Grab agar memberikan dampak sosial bagi Indonesia.

Berdasarkan Laporan Dampak Sosial Grab 2019, diestimasikan telah berkontribusi sebesar Rp48,9 triliun melalui pendapatan para mitranya. Dari Rp 81,5 triliun kontribusinya terhadap perekonomian Asia Tenggara hingga Maret 2019.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya