Comscore Tracker

Penerbangan Bakal Tutup Rabu, Bagaimana Nasib Turis Tiongkok di Bali?

Semoga mereka mau melapor ya, biar mudah didata

Denpasar, IDN Times – Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah mengeluarkan Surat Edaran, bahwa tidak boleh ada penerbangan dari Indonesia ke Tiongkok dan sebaliknya, karena wabah virus corona. Kebijakan ini akan diberlakukan pada hari Rabu (5/2). Lalu bagaimana dengan para turis asal Tiongkok yang sudah berada di Bali, selama kebijakan ini diberlakukan? Berapa jumlahnya, dan tinggal di mana?

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace, telah mengungkapkan bahwa ada beberapa turis Tiongkok yang datang ke Bali tanpa melalui travel agent. Sehingga posisi mereka bisa ada di mana-mana dan tidak terdata. Kondisi ini tentunya menyulitkan Provinsi Bali.

“Tidak semua lewat travel yang ada. Banyak yang datang ke Bali dia lewat online. Ini yang belum terdata sampai sekarang berapa jumlahnya dan di mana mereka tinggal,” terangnya, Senin (3/2).

1. Akan membuat surat edaran untuk turis Tiongkok yang masih tercecer di Bali

Penerbangan Bakal Tutup Rabu, Bagaimana Nasib Turis Tiongkok di Bali?instagram.com/tivaniasmarnj

Pihaknya menjelaskan, bahwa turis Tiongkok yang memiliki jadwal keberangkatan sebelum tanggal tersebut, memang tidak mengalami kendala untuk didata. Namun bagi mereka yang seharusnya berangkat di atas tanggal 5 Februari namun akhirnya berangkat mendahului tanggal tersebut, justru ini yang belum Provinsi Bali kantongi datanya.

“Nah ini akan kami edarkan, kami sampaikan. Karena tidak ada penerbangan lagi,” ujar Cok Ace.

Setelah mendapatkan data ini, nantinya pihak Provinsi Bali bisa mengambil sikap apakah ada tambahan penerbangan atau tidak. Tidak menutup kemungkinan masih ada turis Tiongkok yang tercecer di Bali, tidak mendengarkan informasi tersebut.

Baca Juga: 4 Fakta Virus Corona Mulai Berdampak pada Pariwisata Bali

2. Penerbangan Bali-Tiongkok berakhir Selasa. Bagaimana dengan tenaga kerja asal Tiongkok yang sudah tinggal lama di Bali?

Penerbangan Bakal Tutup Rabu, Bagaimana Nasib Turis Tiongkok di Bali?IDN Times/Imam Rosidin

Cok Ace menyampaikan, bahwa penerbangan dari Bali ke Tiongkok akan berakhir Selasa (4/2) ini. Lalu bagaimana dengan tenaga kerja asal Tiongkok, yang diperkirakan dalam hitungan minggu dan bulan sudah tinggal di Bali? Inilah yang belum mendapat jawabannya tentang kebijakan apa yang bakal diambil.

“Ini yang akan kami bicarakan. Saya belum mendapatkan jawabannya," kata Cok Ace.

Baca Juga: Warga Tiongkok Tak Dapat Akses Visa Kunjungan ke Indonesia Sementara

3. Konsulat Jenderal Tiongkok menawarkan akan menjemput warganya di Bali, kalau diperlukan

Penerbangan Bakal Tutup Rabu, Bagaimana Nasib Turis Tiongkok di Bali?Ilustrasi turis. (IDN Times/Ayu Afria)

Menghadapi permasalahan pemulangan turis Tiongkok ini, Cok Ace mengaku mendapatkan tawaran dari Konjen (Konsulat Jenderal) Tiongkok berupa bantuan pesawat untuk menjemput warganya di Bali.

“Mereka menawarkan ke kami. Menjemput. Saya bilang oke jemput warga kamu, tapi data saya belum dapat,” jelasnya.

Meskipun masih mengomunikasikan terkait hal ini, Cok Ace menegaskan bahwa penjemputan nantinya juga memiliki standar tertentu. Lantaran penjemputan itu pasti akan menggunakan pesawat milik Tiongkok.

Baca Juga: Grup Lion Air Hentikan Penerbangan Sementara Bali-Wuhan-Bali

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya