Menhub Budi Harap Indonesia Jadi Hub Aviasi di Asia Pasifik

Aviasi diharapkan juga tak menambah beban lingkungan

Badung, IDN Times – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berharap, event Bali International Airshow 2024 bisa membuka pintu kemajuan perhubungan udara Indonesia. Salah satu harapannya, Indonesia bisa menjadi hub aviasi. 

Hal itu dia sampaikan usai acara Asia Pacific Air Transport Forum 2024 yang bertajuk Scaling Up Sustainable Aviation Fuels and Integrated Airspace Solutions for a Greener Future, Selasa (17/9/2024).

“Harapan kami dengan diadakan airshow ini Indonesia akan menjadi suatu center atau hub yang tentu menghasilkan suatu benefit yang baik bagi manusia,” ungkapnya.

Misalnya daya tarik Bali selain sebagai pusat pariwisata juga memposisikan Bali sebagai pusat aviasi. Demikian juga dengan Jakarta.

Selain itu dalam side event ini dibahas terkait penggunaan bahan bakar avtur. Budi mengutarakan, bagaimana ke depannya aviasi tidak menambah beban lingkungan sehingga dunia penerbangan mulai membicarakan potensi penggunaan bahan bakar non-fosil. Indonesia sendiri akan mulai menerapkan ini di tahun 2027 secara bertahap hingga 2060. 

“Jumlah avtur yang kita gunakan cukup masif. Kami akan meningkatkan atau mengubah secara bertahap dengan avtur yang ramah lingkungan,” terangnya.

Baca Juga: BNN Bali Tangkap 4 Tersangka Narkotika Jaringan Internasional

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya