Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dalam Kardus di Buleleng Bali

Bayi ini baru lahir karena ari-arinya masih melekat

Buleleng, IDN Times – Seorang warga Dusun Kloncing, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng menemukan mayat bayi perempuan di dalam kardus sekitar pukul 16.00 Wita, Selasa (23/3/2021). Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Resor (Polres) Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya, menyampaikan kasus ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

1. Mayat bayi ditemukan dalam kardus di sebuah rumah

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dalam Kardus di Buleleng BaliIlustrasi bayi prematur. pexels.com/Benji Aird

Sumarjaya mengatakan, mayat bayi ditemukan oleh seorang warga bernama Gusti Ayu Suriatni di sebuah rumah. Ia datang untuk membersihkan dapur di lokasi penemuan. Kuncinya biasa ditaruh di bawah kardus untuk membuka pintu dapur tersebut. Begitu mengangkat kardus, ia melihat ada bayi di dalamnya namun tidak bernyawa.

“Jenis kelamin perempuan. Umur sembilan bulan (Dalam kandungan), panjang 47 sentimeter. Berat 3 kilogram,” ungkapnya.

2. Temuan itu langsung dilaporkan ke polisi

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dalam Kardus di Buleleng BaliIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Gusti Ayu kemudian memanggil kerabatnya yang berada di sebelah lokasi penemuan. Mereka yang sama-sama melihat kondisi bayi itu tak bernyawa langsung memberitahukan pemilik rumah, Gusti Kadek Dwi Okayasa. Temuan itu langsung dilaporkan ke kepala dusun setempat dan kepolisian.

“Pemilik rumah mendapat informasi dari saksi, ditemukan bayi yang sudah dalam keadaan meninggal dan ditempatkan di dalam kardus warna cokelat di rumahnya sebelah Pura Subak Kloncing,” kata Sumarjaya.

3. Temuan ini masih dalam penyelidikan

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan dalam Kardus di Buleleng BaliPolsek Sawan melakukan penyelidikan pelaku pembuangan bayi (Dok.IDN Times/Polres Buleleng)

Pihak kepolisian dan tim dokter dari Puskesmas Sawan I lalu mendatangi lokasi kejadian, dan melakukan pemeriksaan terhadap bayi tersebut.

“Bayi diperkirakan lahir dalam keadaan normal beserta ari-arinya dan sudah dalam keadaan meninggal. Bibir kebiruan, kaku mayat pada rahang. Tidak ditemukan luka-luka ataupun kekerasan pada bayi,” jelas Sumarjaya.

Bayinya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng untuk pemeriksaan forensik. Temuan ini masih dalam penyelidikan Polsek Sawan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya