Libur Nataru, 340 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bali Melalui Bandara

Prokes tolong diketatkan ya

Denpasar, IDN Times – Kunjungan wisatawan nusantara pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) diprediksi mengalami kenaikan mencapai 340 ribu orang yang masuk melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Hal ini diungkapkam oleh Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira saat ditemui di Kantor Gubernur Bali, Denpasar pada Senin (14/12/2020). 

Baca Juga: Gelar ITO di Bali, Pemerintah Godok Strategi Pariwisata saat Pandemik

1. Peningkatan sudah terjadi sejak awal Desember

Libur Nataru, 340 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bali Melalui BandaraIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurut Taufan, sejak 13 Desember 2020 telah terjadi peningkatan kedatangan penumpang di Terminal Kedatangan Domestik. Peningkatan itu saat peralihan bulan November ke Desember 2020 dengan dominasi kedatangan wisatawan dari Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta.

“Kalau saat ini per 13 Desember kemarin itu sampai 7.200 penumpang yang landing. Sedangkan yang berangkat itu ada sekitar 6.500 (penumpang). Dan untuk November itu angkanya masih di bawah ini,” ungkap Taufan.

Baca Juga: 50 Tahun Bergantung Pada Pariwisata, Biro Wisata di Bali Jadi Petani

2. Terjadi peningkatan walau tak setinggi tahun 2019

Libur Nataru, 340 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bali Melalui BandaraStakeholder Relation Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah rai Bali, Taufan Yudhistira (IDN Times/Ayu Afria)

Taufan memprediksi akan terjadi peningkatan kedatangan penumpang di Terminal Domestik meskipun tidak setinggi tahun 2019 lalu.

“Sebenarnya kalau dari prediksi dibandingkan tahun lalu sih, kami malah grade-nya menurun. Karena kan kondisi sekarang pandemik ya. Tapi kalau prediksi sekitar 340 ribu penumpang yang akan landing di Bali,” jelasnya.

Sebanyak 340 penumpang ini akan landing saat Nataru terhitung dari 18 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021. Terkait protokol kesehatan, pihaknya menyarankan pengisian form Kartu Sehat agar dilakukan sesaat setelah check in di bandara keberangkatan sehingga mengurangi antrean.

Baca Juga: Rp1 Triliun untuk Bantuan Stimulus Pariwisata Bali, Kamu Sudah Dapat?

3. Sudah ada permintaan extra flight

Libur Nataru, 340 Ribu Wisatawan Diprediksi Masuk Bali Melalui BandaraANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Prediksi peningkatan penumpang ini juga dibarengi dengan permintaan extra flight yakni sebanyak 70 extra flights terhitung 18 Desember 2020 hingga 10 Januari 2020.

“Rentang 24 hari. Betul (70 extra flights),” jawabnya.

Selain itu, menurut catatannya untuk penerbangan kargo Internasional saat ini hanya 4 sampai 5 (take off-landing) per harinya. Kadang-kadang malah tidak ada aktivitas sama sekali.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya