Tubuh Apro, Korban Sampan Terbalik di Laut Gianyar Ditemukan Terdampar

Hati-hati ya kalau mau melaut. Cuacanya sedang buruk

Gianyar, IDN Times - Jenazah korban sampan terbalik, Apro Yosi Prasetyo (30), asal Jawa Tengah, di Perairan Pantai Cucukan Desa Medahan, Kecamatan Belahbatuh, ditemukan dalam posisi terdampar dan telentang di bibir pantai depan Hotel Rumah Luwih, Desa Lebih, Gianyar, Selasa (7/1).

Penemuan tersebut berawal dari kecurigaan seorang warga setempat yang melihat benda mencurigakan di lokasi. Berikut kronologinya:

1. Korban dinyatakan hilang setelah sampan yang ditumpanginya dihantam ombak dan terbalik

Tubuh Apro, Korban Sampan Terbalik di Laut Gianyar Ditemukan TerdamparDok.IDN Times/Istimewa

Sampan yang ditumpangi korban dan rekannya, Jonatan Febriayanto (35), asal Aceh, terbalik setelah ombak besar menghantam mereka di Perairan Pantai Cucukan, Minggu (5/1) lalu. Saat kejadian, Jonatan ditemukan selamat dan dalam keadaan shock. Ia langsung dibawa ke Rumah Sakit Kasih Ibu. Sementara korban Apro hilang dan langsung dicari oleh petugas Search and Rescue (SAR), dibantu dengan instansi terkait lainnya.

2. Pencarian korban terkendala cuaca. Tim rescue dibantu oleh jukung nelayan

Tubuh Apro, Korban Sampan Terbalik di Laut Gianyar Ditemukan TerdamparDok.IDN Times/Istimewa

Tim rescue Kantor Basarnas, dibantu dengan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) setempat, melakukan pencarian korban Apro. Namun pencarian di hari itu tidak membuahkan hasil, lantaran terkendala kondisi cuaca, hujan deras dan jarak pandang yang terbatas.

"Kondisi cuaca memang tidak memungkinkan menurunkan rubber boat saat itu," jelas Kepala Basarnas Bali, Hari Adi Purnomo, Selasa (7/1).

Para petugas dibantu oleh para nelayan menggunakan jukungnya. Namun upaya pencarian tersebut tetap nihil. Tim SAR sendiri mengerahkan RIB (Rigid Inflatable Boat) 05 dari dermaga KN SAR Arjuna di Benoa Denpasar.

3. Korban ditemukan terdampar di bibir pantai dan pakaiannya masih utuh

Tubuh Apro, Korban Sampan Terbalik di Laut Gianyar Ditemukan TerdamparDok.IDN Times/Istimewa

Jasad korban baru ditemukan pada Selasa (7/1) pukul 04.30 Wita dini hari. Ditemukan terdampar di bibir pantai depan Hotel Rumah Luwih, Desa Lebih, Gianyar. Korban lalu dievakuasi menuju Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar menggunakan ambulans Palang Merah Indonesia (PMI) pukul 05.31 Wita.

"Warga setempat melihat ada benda mencurigakan. Saat didekati ternyata jenazah korban Apro. Posisinya terlentang masih lengkap mengenakan baju dan pakaian dalam," ujar Hari.

Baca Juga: Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi, Ini Daftarnya

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya