Konslet Pompa Air Memicu Kebakaran Rumah di Denpasar

Waduh, kasus konslet sering terjadi ya

Denpasar, IDN Times – Kebakaran rumah di Jalan Halmahera Nomor 47 A, Kelurahan Dauh Puri Klod, Kecamatan Denpasar Barat, yang terjadi pada Selasa (2/7/2024) sekitar pukul 19.00 Wita, menghanguskan seluruh isi rumah. Menurut Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, kebakaran rumah milik Romie Ganter (47) ini dipicu oleh korsleting listrik.

“Dugaan sementara api berasal dari korsleting arus listrik pada pompa air,” ungkapnya, Rabu (3/7/2024).

1. Kerugian yang dialami mencapai Rp1 miliar

Konslet Pompa Air Memicu Kebakaran Rumah di DenpasarTim pemadam kebakaran Kota Denpasar (Dok.IDN Times/istimewa)

Sukadi mengatakan, kejadian ini membuat korban mengalami kerugian mencapai Rp1 miliar. Seluruh bangunan rumah terbakar bersama isinya. Meski begitu, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa ini.

“Api dapat dipadamkan pukul 20.30 Wita oleh 4 unit mobil PMK dari BPBD Kota Denpasar,” terangnya.

2. Korban melihat percikan api dan asap

Konslet Pompa Air Memicu Kebakaran Rumah di DenpasarTim pemadam kebakaran Kota Denpasar (Dok.IDN Times/istimewa)

Kepada pihak kepolisian, korban mengatakan sekitar pukul 19.00 Wita, air PDAM dalam rumahnya mati. Korban kemudian menuju ke lantai atas untuk mengecek kondisi mesin pompa yang mati. Korban menemukan asap, dan percikan api dari mesin pompa tersebut. Korban langsung ke ke lantai dasar dan meminta pertolongan warga sekitar.

“Saat itu korban melihat di plafon samping mesin pompa ada percikan api. Melihat hal tersebut korban menyiram dengan menggunakan air aqua galon, namun asapnya semakin besar,” terangnya.

3. Tetangga korban panik melihat kobaran api dan ledakan

Konslet Pompa Air Memicu Kebakaran Rumah di DenpasarTim pemadam kebakaran Kota Denpasar (Dok.IDN Times/istimewa)

Warga berusaha membantu memadamkan api. Namun, apinya semakin membesar. Tetangganya mendengar teriakan korban. Saat itulah tetangga membantu mengeluarkan sepeda motor dan barang-barang dari dalam rumah korban.

Kepanikan tetangga berambah setelah api di belakang rumah korban semakin berkobar, dan diikuti suara ledakan. Upaya pemadaman kebakaran dibantu oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) hingga kobaran api dapat dijinakkan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya