KM Baruna Jaya Raya Ditemukan Mati Mesin di Sapeken, 7 POB Selamat

Beruntung mereka berhasil diselamatkan

Buleleng, IDN Times - KM Baruna Jaya Raya dilaporkan hilang di Perairan Sapeken, pada Kamis (7/5) sore. Saat itu Tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima laporan sekitar pukul 16.20 Wita dari pemilik kapal. Berikut kronologinya hingga kapal tersebut bisa ditemukan:

1. Kapal diketahui dari Sapeken menuju Sangsit sebelum dilaporkan hilang

KM Baruna Jaya Raya Ditemukan Mati Mesin di Sapeken, 7 POB SelamatKM Baruna Jaya Raya dilaporkan hilang di Perairan Sapeken (Dok.IDN Times/Humas Basarnas)

Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, mengungkapkan kronologinya kapal pengangkut ikan yang membawa tujuh POB (Person On Boat) lepas sandar, pada Rabu (6/5) pukul 22.00 Wita dari Sapeken menuju Sangsit. Mereka di antaranya Subhan Husaini, Mustambri, Dayat, Misbah, Jamal, Risman dan Hendri.

"Estimasi tiba di Pelabuhan Sangsit seharusnya kemarin (7/5) pukul 04.00 Wita, namun hingga dilaporkan kapal tersebut tak kunjung tiba," jelasnya, Jumat (8/5).

2. Setelah dilakukan pencarian, KM Baruna Jaya Raya berhasil ditemukan

KM Baruna Jaya Raya Ditemukan Mati Mesin di Sapeken, 7 POB SelamatKM Baruna Jaya Raya dilaporkan hilang di Perairan Sapeken (Dok.IDN Times/Humas Basarnas Bali)

Darmada melanjutkan, kontak terakhir kapal yang dinahkodai oleh Subhan Husaini terjadi sekitar pukul 23.00 Wita. Tak berselang lama, Basarnas Bali berkoordinasi dengan Basarnas Mataram dan SROP Celukan Bawang untuk melakukan pencarian.

Mereka melakukan pencarian menuju rute tujuan KM Baruna Jaya Raya menggunakan RIB 04. Sementara itu, malam harinya, Basarnas Mataram menggerakkan KN SAR 220 dari Pelabuhan Lembar.

"Tim SAR akhirnya berhasil menemukan KM Baruna Jaya Raya pagi tadi sekitar pukul 03.20 Wita, di posisi 7°53'24.54"S - 115° 4'24.54"E, yakni 11,78 Nm dari Pelabuhan Sangsit," ungkap Darmada.

3. POB semua dalam kondisi selamat hingga kapal bersandar di pelabuhan

KM Baruna Jaya Raya Ditemukan Mati Mesin di Sapeken, 7 POB SelamatKM Baruna Jaya Raya dilaporkan hilang di Perairan Sapeken (Dok.IDN Times/Humas Basarnas Bali)

Setelah bersandar di Pelabuhan Sangsit, kapal sepanjang 24 meter tersebut hendak melaut melalui rute Pelabuhan Sapeken-Pelabuhan Sangsit Banyuwangi. Pergerakannya dikawal oleh kapal milik Basarnas Mataram. Selang dua jam, tim yang berada di RIB 04 Buleleng melaksanakan intercept sekaligus memandu kapal untuk sandar di Pelabuhan Sangsit.

"Keseluruhan POB yang ada di kapal dalam keadaan baik dan telah sandar di Pelabuhan Sangsit Buleleng tadi pagi pukul 07.40 Wita. Karena mati mesin," tutupnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya