Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga Ya

Ada yang tahun baruan di Bali gak nih?

Badung, IDN Times – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Bali, berbagai persiapan dilakukan, tak terkecuali pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian setempat. Personel secara all out mengantisipasi agar situasi tetap kondusif. Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bali melakukan patroli rutin menjelang perayaan.

“Walaupun Badung, saudara-saudara kita yang merayakan bukan mayoritas. Tapi karena Badung menjadi daerah wisata. Sementara pengamanan lokasi wisata menjadi target pengamanan Operasi Lilin Agung 2019. Kami akan all out terutama di daerah wisata dan jalur-jalur yang dilalui,” terang Kapolres Badung, AKBP Roby Septiadi, Minggu (15/12).

1. Pengamanan Polres Badung akan dimulai Minggu depan hingga tahun baru

Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga YaPasukan kepolisian (IDN Times/Alex J. Harianja)

Pengamanan ini akan dimulai mulai tanggal 22 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 mendatang melalui Operasi Lilin Agung 2019. Kegiatannya berupa pengamanan di jalur, tempat wisata, termasuk pengamanan di gereja-gereja wilayah hukum Polres Badung.

“Itu semua kami akan fokus ke sana,” ujarnya.

2. Terjunkan dua per tiga kekuatan Polres Badung dalam pengamanan Nataru

Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga YaIlustrasi polisi (IDN Times/Haikal Adithya)

“Yang kami turunkan dua per tiga kekuatan kalau dari Polresnya sekitar 400 orang. Kami dibantu dengan teman-teman dari TNI (Tentara Nasional Indonesia), dari Kodim 1611 Badung dan juga dari Pemda (Pemerintah Daerah). Melibatkan stakeholder, itu kemungkinan kalau gabungan keseluruhan kurang lebih 13 ribu personel ya,” ungkap Roby.

Selain penjagaan tempat ibadah, wilayah Canggu, Kuta Utara juga menjadi atensi untuk membuka Posko pengamanan. Apalagi wilayah tersebut termasuk daerah wisata yang kondisinya selalu macet setiap hari.

3. Kalau bawa handphone harus hati-hati. Jangan memancing orang untuk melakukan aksi pencopetan

Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga Yanypost.com

Dalam kesempatan ini, pihaknya meminta masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Badung turut meminimalisir terjadinya kejahatan. Yaitu dengan menghilangkan faktor kesempatan. Contohnya saat menggunakan handphone, perhiasan maupun barang-barang mewah lainnya. Kebiasaan ini harus dihilangkan agar kesempatan orang untuk berbuat jahat hingga menjadi target kejahatan ikut berkurang.

“Faktor kesempatan ini saya minta dukungan dari masyarakat, baik masyarakat lokal maupun yang berwisata ke Bali. Ya, tolonglah ketika beraktivitas di luar penginapan atau di luar rumah dengan tidak terlalu menampakkan apa yang menjadi miliknya. Misalnya kalau memang harus menggunakan handphone, pastikan terlindung. Tidak main di pinggir jalan kita langsung buka handphone, buka ini. Karena itu namanya kesempatan,” sarannya.

4. Polresta Denpasar memaksimalkan personel yang berpakaian preman

Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga YaIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Sementara itu menjelang Nataru, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar mengerahkan 1069 personel pengamanan, dengan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan stakeholder terkait. Beberapa posko pengamanan akan dibentuk di Terminal Ubung, Bandara I Gusti Ngurah Rai, pelabuhan dan di wilayah Kuta.

Kapolresta Denpasar, Kombespol Ruddi Setiawan, menyampaikan pihaknya akan menerjunkan dan memaksimalkan personel yang berpakaian preman dalam pengamanan Nataru.

“Saya ingatkan kepada calon pelaku kejahatan baik warga negara asing maupun lokal yang meresahkan di Bali. Akan saya lakukan tindakan tegas, saya tembak jika melawan,” tegasnya.

5. Polda Bali mengawali pengamanan Nataru dengan patroli

Mau Natal dan Tahun Baru di Bali? Waspada Bawa Barang Berharga YaDok.IDN Times/Istimewa

Sementara Kepolisian Daerah (Polda) Bali melakukan patroli ke tempat-tempat keramaian menjelang Nataru guna menciptakan situasi kondusif, sejak Sabtu (14/12) lalu. Anggota Polda Bali Satuan Tugas preventif yang terlibat Operasi Cipkon Agung II 2019 melakukan patroli di tempat keramaian. Seperti Plaza Renon, Taman Kota dan pertokoan di seputaran Jalan Hasanudin Denpasar.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya