Jerinx Akui Pilih Diksi Nyeleneh Agar Direspons dan Diajak Diskusi IDI

Tak menyangka justru dilaporkan IDI ke polisi

Denpasar, IDN Times - Sidang lanjutan terdakwa kasus pidana Undang-Undang Transaksi Elektronik (UU ITE), I Gede Ari Astina alias Jerinx alias JRX (43), dengan agenda pemeriksaan terdakwa digelar pada Selasa (27/10/2020) pukul 11.00 Wita di Ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Dalam sidang lanjutan ini Jerinx tampak beberapa kali meminta jeda untuk meminta izin minum saat ditanyai oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Baca Juga: Datang ke Bali, Rina Nose Nilai Jerinx Tengil Tapi Bikin Tenang

1. Pilih diksi yang sedikit nyeleneh dengan harapan direspons IDI

Jerinx Akui Pilih Diksi Nyeleneh Agar Direspons dan Diajak Diskusi IDIDok.IDN Times/Istimewa

Saat ditanyai Jaksa Penuntut Umum (JPU), Jerinx mengakui memang memilih diksi yang nyeleneh untuk memancing respons pihak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar mau berdiskusi dengannya. Ia mengaku 'kacung' adalah kata yang sengaja ia pilih.

"Karena beberapa kali sebelumnya saya sempat mengajak IDI berdiskusi, tapi tidak pernah ditanggapi. Saya terpaksa memakai diksi yang sedikit nyeleneh, dengan harapan direspons," ungkap JRX.

Baca Juga: Jerinx Sepakat Sidang Digelar Online Hingga Akun Instagramnya Dihapus

2. Postingan dan emotikon kerap tidak nyambung

Jerinx Akui Pilih Diksi Nyeleneh Agar Direspons dan Diajak Diskusi IDISidang offline JRX di luar kapasitas yang ditentukan (IDN Times/Ayu Afria)

Kemudian terkait dengan emotikon babi dalam unggahan kacung tersebut, JRX menyampaikan bahwa saat itu setiap harinya ia disponsori oleh Babi Guling Pan Ana. Emotikon ini bagi JRX lucu, bukan untuk menimbulkan reaksi lain hingga membawanya ke meja hijau.

"Begini Pak Jaksa, saya punya kebiasaan ketika saya mengunggah posting-an itu, tidak nyambung emotikon dengan konteks caption. Buktinya banyak di posting-an-posting-an saya sebelumnya. Dan itu biasanya saya lakukan melihat benda-benda di sekitar saya," jelasnya.

Baca Juga: Ini Alasan IDI Bali Tidak Melakukan Mediasi dengan Jerinx

3. Awalnya mengira IDI akan mengajaknya diskusi

Jerinx Akui Pilih Diksi Nyeleneh Agar Direspons dan Diajak Diskusi IDITim Kuasa Hukum Jerinx mendatangi Pengadilan Negeri Denpasar (IDN Times/Ayu Afria)

JRX mengaku membaca pemberitaan dari media yang akurat. Selain itu banyak juga pihak yang mengirimkan pesan kepadanya terkait persoalan prosedur rapid test.

"Saya menulis tersebut selain karena saya membaca banyak di media-media tentang berita-berita ibu-ibu hamil atau melahirkan yang dipersulit karena prosedur rapid, juga ditambah dengan ribuan aduan dari netizen ke saya lewat kolom comment. Jadi mereka minta bantuan saya, Bli Jerinx tolong suarakan ini. Ada banyak comment kata-kata seperti itu," jelasnya.

Ia mengaku sudah menduga IDI akan bereaksi atas unggahannya. Namun tidak dengan cara yang seperti terjadi saat ini. Cara yang ia harapkan adalah diskusi.

"Berharap ada reaksi dari IDI, tapi tidak dengan cara lapor polisi. Tapi dengan cara mengajak saya diskusi," terangnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya