Jenazah Warga Amerika Ditemukan di Pantai Bingin Pecatu

Jenazah sempat terlihat sehari sebelum penemuan

Badung, IDN Times – Jenazag seorang warga negara asing (WNA) ditemukan di Pantai Bingin, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pada Rabu (14/8/2024) sekitar pukul 07.00 Wita. Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, mengatakan korban terkonfirmasi berjenis kelamin laki-laki dengan nama Edward (51), asal Amerika Serikat.

“Modus masih dalam penyelidikan,” ungkapnya.

1. Saksi melaporkan ada jenazah sehari sebelum penemuan

Jenazah Warga Amerika Ditemukan di Pantai Bingin PecatuEvakuasi jenazah di Pantai Bingin (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Seorang saksi asal Prancis, D'armali Bernito (27), telah melaporkan ke pihak kepolisian setempat saat ia melihat sesuatu yang diduga jenazah di pinggir Pantai Batu Jaran Uluwatu, pada Selasa (13/8/2024) sekitar pukul 10.00 Wita. Saat itu saksi berada di atas tebing. Selain melihatnya, saksi juga menemukan sepeda motor terparkir merek Yamaha NMax warna hitam dengan nomor polisi DK 4538 AEE.

“Petugas langsung menuju lokasi namun jenazah yang dilihat tidak terlihat dari atas tebing,” katanya.

2. Identitas korban terungkap dari kendaraan yang ditemukan di lokasi

Jenazah Warga Amerika Ditemukan di Pantai Bingin PecatuEvakuasi jenazah di Pantai Bingin (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Identitas korban terungkap dari pengecekan fisik kendaraan yang ditemukan di lokasi. Dari kendaraan yang diduga dikendarai oleh korban, ditemukan informasi nomor rental di balik jok sepeda motor. Petugas kemudian langsung dihubungi oleh pihak jasa yang menyewakan motor tersebut. Selain mendapatkan informasi terkait identitasnya, korban ternyata belum membayar sewa kendaraan selama dua bulan.

Pencarian kemudian dilakukan, pada Rabu (14/8/2024). Jenazahnya ditemukan di antara batu Pantai Bingin, Pecatu, Kuta Selatan.

“Evakuasinya butuh waktu lama,” terangnya.

3. Basarnas mengevakuasi dengan cara menarik jenazah ke atas tebing

Jenazah Warga Amerika Ditemukan di Pantai Bingin PecatuEvakuasi jenazah di Pantai Bingin (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, mengatakan posisi jenazah berada di pinggir pantai. Yakni di batuan karang tak jauh dari tebing setinggi 20 meter. Untuk mengevakuasi jenazah tersebut, Basarnas menurunkan sembilan personel. Jenazah selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Ngoerah menggunakan ambulans.

"Jenazahnya berada di bawah tebing, jadi tidak efektif apabila dibawa secara manual menaiki tebing, disepakati jenazah ditarik ke atas," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya