Staf Administrasi Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah Positif COVID-19

Sempat ambil cuti

Denpasar, IDN Times – Seorang staf administrasi perempuan di Laboratorium Mikrobiologi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar positif COVID-19. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya, Selasa (19/5). Ia diduga kuat terinfeksi dari luar rumah sakit. Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Bedanya Rapid Test, Swab dan PCR! Lebih Akurat Mana?

1. Ketut Suarjaya menyampaikan bahwa yang bersangkutan terinfeksi dari luar rumah sakit

Staf Administrasi Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah Positif COVID-19Ilustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Suarjaya menyampaikan, ia sempat mengambil cuti, hingga akhirnya diketahui terinfeksi COVID-19. Dugaannya, staf RSUP Sanglah ini tertular virus dari luar rumah sakit. Sebab setelah dinyatakan positif, uji swab terhadap petugas Laboratorium Mikrobiologi RSUP Sanglah lainnya hasilnya negatif. Protokol pengamanan sudah ada dan terhadap petugas lain pun telah dilakukan swab. Saat ini ia sedang dirawat secara intensif di ruang isolasi Nusa Indah RSUP Sanglah.

“Dia dapatnya bukan di Sanglah. Dia di luar dia. Memang dia sempat cuti kemungkinan dia dapatnya di luar,” kata Suarjaya, Selasa (19/5).

Baca Juga: Pengamat: Kasus Positif COVID-19 di Bali Seharusnya Sudah Ribuan

2. Keluarga pasien rencananya akan menjalani tes swab

Staf Administrasi Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah Positif COVID-19IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu Kepala Sub Bagian Humas RSUP Sanglah, I Ketut Dewa Kresna, mengungkapkan rekan pasien yang bertugas di Laboratorium Mikrobiologi telah mengikuti tes swab kemarin. Rencananya besok (20/5), keluarga pasien asal Denpasar tersebut juga akan dilakukan uji swab.

“Iya betul admin Lab Mikrobiologi. Yang jelas tes swab pertama teman-temannya negatif. Terus yang kedua belum keluar hasilnya, semoga besok,” ungkap Dewa Kresna.

Pihaknya menegaskan, bahwa setiap dua minggu sekali, para petugas yang menangani COVID-19 di RSUP Sanglah selalu diuji swab.

3. RSUP Sanglah kini merawat belasan pasien COVID-19. Total kumulatif kasus positif di Bali sebanyak 363 orang

Staf Administrasi Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah Positif COVID-19IDN Times/Wira Sanjiwani

Data terbaru pasien COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi Nusa Indah hingga Selasa pagi sebanyak 17 orang. Sedangkan total kumulatif kasus positif COVID-19 di Provinsi Bali hingga Selasa (19/5) sebanyak 363 orang.

Ada tambahan empat orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdiri dari satu orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan tiga lainnya transmisi lokal.

Sebanyak 267 orang dinyatakan sembuh, bertambah 10 orang di antaranya lima PMI dan lima nonPMI. Pasien yang meninggal karena COVID-19 tidak mengalami pertambahan.

Baca Juga: Dianggap Mampu Tekan COVID-19 Tanpa PSBB, Bali Dirancang Jadi Contoh

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya