Jatuh saat Memetik Kelapa, Jenazah Warga Gianyar Ditemukan di Sungai

Semoga keluarga diberi ketabahan

Gianyar, IDN Times – Jenazah seorang warga Banjar Pedapdapan, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, I Wayan Warta (50), ditemukan di kedalaman Sungai Singa pada Senin (9/8/2021) pukul 22.23 Wita. Korban ditemukan oleh Tim Search and Rescue (SAR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) setelah melakukan penyelaman. Berikut fakta-fakta penemuan jenazah korban.

Baca Juga: Nekat Mendaki Sendiri, WNA Rusia Tersesat di Gunung Sanghyang Tabanan

1. Korban jatuh saat memetik kelapa keempat

Jatuh saat Memetik Kelapa, Jenazah Warga Gianyar Ditemukan di SungaiPencarian korban terjatuh ke sungai di Tampaksiring Gianyar(Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Suamba, mengatakan bahwa korban jatuh ke sungai di Banjar Cagan, Desa Pejeng Kangin, saat memetik buah kelapa yang keempat.

Menurut keterangan saksi, Putu Eka Junita (35), ia sedang berolahraga di lokasi tersebut sesaat sebelum korban diketahui jatuh. Saksi melihat korban sedang memetik buah kelapa dan sudah mendapatkan tiga buah. Saat memetik buah yang keempat, saksi mendengarkan suara “uhh” dan diketahui korban sudah tidak ada.

“Saksi kembali mengecek korban yang sedang memetik kelapa, ternyata sudah tidak ada di atas pohon. Korban sudah jatuh ke dalam sungai,” jelasnya pada Selasa (10/8/2021).

Melihat korban jatuh ke dalam sungai, saksi berteriak meminta pertolongan masyarakat setempat.

2. Basarnas Bali menggerakkan 8 orang personel menuju lokasi

Jatuh saat Memetik Kelapa, Jenazah Warga Gianyar Ditemukan di SungaiPencarian korban terjatuh ke sungai di Tampaksiring Gianyar(Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, menyampaikan hal yang sama yakni korban jatuh saat memanjat pohon kelapa pada Senin (9/8/2021). Kejadian tersebut langsung dilaporkan oleh warga setempat kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar. Kemudian dilanjutkan ke Basarnas Bali pada pukul 19.20 Wita.

"Kami menerima permintaan bantuan untuk evakuasi. Segera kami menggerakkan 8 orang personel menuju lokasi penemuan jenazah," jelasnya pada Selasa (10/8/2021).

3. Pencarian korban menggunakan alat selam

Jatuh saat Memetik Kelapa, Jenazah Warga Gianyar Ditemukan di SungaiPencarian korban terjatuh ke sungai di Tampaksiring Gianyar(Dok.IDN Times/BPBD Kabupaten Gianyar)

Sesampainya di lokasi kejadian pada pukul 20.52 Wita, Tim Rescue Gabungan melakukan evakuasi. Sebanyak tiga orang dilengkapi pakaian selam mencari korban di kedalaman sungai. Sementara itu, personel lainnya membantu proses evakuasi yang berlangsung pada pukul 20.52 Wita. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Jenazahnya dibawa menuju ke Rumah Sakit Ari Canti Ubud menggunakan ambulans Puskesmas Tampaksiring II,” terang Darmada.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya