Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di Denpasar

Gak perlu menunggu razia jika ingin tertib berlalulintas

Denpasar, IDN Times – Tim Gabungan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar, Polisi Militer, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali menggelar Operasi Zebra Agung 2019, pada Selasa (29/10) pukul 08.30 Wita. Kali ini operasinya dilakukan di Jalan Raya Sesetan, Denpasar.

Para pengendara sepeda motor dari arah selatan menuju Denpasar harus masuk ke area lapangan, untuk menjalani sejumlah pemeriksaan kelengkapan data berkendara. Tampak puluhan pengendara tak bisa lolos dalam operasi ini.

Ditemui di lokasi, Kabag BinOps Polda Bali, AKBP Ida Bagus Jembariawan, menyampaikan kegiatan ini dalam rangka menciptakan suasana situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Bali.

“Untuk penindakan seluruh Bali kami rekap sudah mencapai sekitar 8000 pelanggaran, yang sudah pada hari ketujuh ini di seluruh kabupaten kota di Bali,” terangnya.

Apa saja yang sering dilanggar oleh para pengendara?

1. Macam-macam pelanggaran yang dilakukan pengendara:

Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di DenpasarIDN Times/Irma Yudistirani

Pelanggaran tersebut didominasi oleh para pengendara atau pengemudi yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pelanggaran tanpa helm berstandar SNI dan melawan arus. Juga ada pelanggaran-pelanggaran yang tidak memenuhi syarat teknis kendaraan laik jalan. Pemilihan lokasi di Sesetan dilakukan untuk menyasar masyarakat yang ada di sekitar daerah tersebut, karena dinilai masih menjadi domain pelanggaran.

“Terutama ya mereka tidak memakai helm. Kita sasar di sini dilakukan pemeriksaan. Lebih lihai dia ternyata. Tidak ketemu kami cari dia. Begitu lihat ada orang mau ramai-ramai memeriksakan kendaraan, dia sudah balik ke sana rupanya itu,” jelasnya.

Menurutnya ada aturan Undang-undang Lalulintas Angkutan jalan Nomor 22 Tahun 2009 yang membahas terkait persyaratan mengemudi. Para pelanggar kebanyakan bekerja sebagai karyawan atau swasta. Proses sidang tilang itu juga sudah sesuai mekanisme. Sehingga tidak boleh ada yang menitipkan ke kepolisian.

2. Total ada 77 STNK yang disita polisi

Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di DenpasarFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Ayu Afria)

Sementara itu keterangan dari Kasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Adi Sulistyo Utomo, kegiatan kali ini berhasil menjaring 119 pelanggar, yang terdiri dari 73 pelanggar tidak membawa SIM, dua pelanggar tanpa helm, 23 orang tidak membawa STNK, satu pelanggar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), satu orang pengemudi tanpa sabuk pengaman dan 19 pelanggar tanpa surat.

"Barang bukti yang disita baru 119 pelanggar berupa 77 buah STNK, 23 buah SIM dan 19 unit sepeda motor," katanya.

3. Seorang laki-laki berinisial MR (30) ditilang karena motor yang dibawanya tidak sesuai dengan plat nomor

Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di DenpasarIDN Times/Ayu Afria

MR mengaku kepada petugas tilang, kalau sepeda motor Honda Beat yang ia kendarai sama dengan milik istrinya. Ia ketahuan menyimpan plat nomor kendaraan aslinya di dalam jok dan justru memasang plat nomor milik kendaraan istrinya. Ia mengaku menjalankan jasa transportasi online dalam kesehariannya.

“Tidak sama dengan aslinya plat nomornya, cuman platnya itu. Plat yang didaftarkan di (Menyebut jasa transportasi online) milik istrinya. Jadi pelanggannya itu kan komplain dia. Sudah kami cek nomor rangka dan lainnya sama. Hanya platnya saja ditaruh di jok,” terang petugas penilang saat itu.

4. Ekspresi para pelanggar lalulintas yang terjaring operasi

Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di DenpasarIDN Times/ Ayu Afria

Ekspresi ini diabadikan saat polisi menulis surat tilang kepada pengendara yang melanggar.

5. Seorang pelajar menangis di jalan raya karena takut ditilang

Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di DenpasarDok IDN Times/Istimewa

Pelajar ini enggan diajak ke lapangan. Ia tidak mau dibuatkan surat tilang meskipun sudah dibujuk beberapa kali.

6. Ini GoJek rasa Grab atau sebaliknya ya?

Kumpulan Cerita & Foto Lucu Pelanggar Ketika Polisi Razia di DenpasarIDN Times/Ayu Afria

Foto ini diabadikan saat pengendara terjaring razia. Driver ojol (ojek online) ini bikin gemas. meski ia membawa data diri lengkap dan lolos dari pelanggaran lalulintas, namun helm yang dikenakannya cukup mengundang gelak tawa. Yuk, sadar berlalulintas. Tidak perlu takut bertemu polisi jika kamu lengkap membawa surat kendaraan dan tidak melanggar lalulintas. Tidak perlu menunggu ada razia dulu jika ingin tertib berlalulintas, kan?

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya