[FOTO] Bantuan APD Gelombang Kedua Untuk Bali Telah Tiba

Semoga COVID-19 lekas berlalu

Badung, IDN Times – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali sekaligus Ketua Satuan Petugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Bali, Dewa Made Indra, sebelumnya menyampaikan Provinsi Bali akan kembali menerima alat kesehatan bantuan dari Pemerintah Pusat gelombang kedua. Penambahan logistik dalam upaya penguatan penanganan COVID-19 ini mendapatkan tambahan suplai logistik 7.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 37.500 ribu masker.

“Ditambah juga dengan rapid test yang kami terima kemarin. Terus kami pergunakan. Dengan demikian maka upaya-upaya pencegahan dan juga upaya-upaya penanganan yang kita lakukan akan semakin kuat,” terang Dewa Indra.

Pengiriman logistik alat kesehatan gelombang kedua ini tiba Jumat (3/4), di Base Ops Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai (Bandara Ngurah Rai), yang kemudian diterima oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Berikut ulasannya:

1. Pengiriman alat kesehatan tersebut menggunakan pesawat CN 295. Sebanyak 7500 APD dan 37500 masker

[FOTO] Bantuan APD Gelombang Kedua Untuk Bali Telah TibaIDN Times/Ayu Afria

Komandan Korem 163/Wira Satya, Kolonel Arh Alberthus Magnus Suharyadi, menyampaikan telah menerima logistik alat kesehatan dari Pemerintah Pusat, dan langsung menyampaikannya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali. Sebanyak 7500 APD dan 37500 masker diangkut menggunakan pesawat TNI AU CN 295 dengan tail number A-2907 dari Lanud Halim Perdanakusuma menuju Bandara Ngurah Rai. Pesawat tersebut landing pukul 10.42 Wita, Jumat (3/4).

“Hari ini saya mewakili Bapak Panglima telah menerima alat kesehatan yang berupa APD sebanyak 7500. Kemudian masker sebanyak 37500. Itu dari Pemerintah Pusat yang diproyeksikan untuk sarana kesehatan di wilayah Bali, dan alat kesehatan tersebut hari ini saya serahkan juga ke Satgas dalam hal ini diterima oleh Dinas kesehatan Provinsi Bali,” katanya.

Selesai menurunkan logistik, pesawat yang dipiloti oleh Kapten Pnb Riyo ini langsung bertolak kembali menuju Lanud Halim Perdanakusuma. Ini merupakan pengiriman alat kesehatan yang kedua. Gelombang pertama telah dilakukan pada 23 Maret 2020 dan diterima langsung oleh Panglima Kodam serta Wakil Gubernur Provinsi Bali.

Baca Juga: 3481 Pekerja Migran Pulang ke Bali, Satgas: Mereka Bukan Penyakit

2. Sebanyak 14 orang kru membantu mengirimkan bantuan alat kesehatan dari Pemerintah Pusat

[FOTO] Bantuan APD Gelombang Kedua Untuk Bali Telah TibaIDN Times/Ayu Afria

Sedangkan Komandan Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Radar Soeharsono, mengungkapkan pesawat TNI AU CN 295 dengan tail number A-2907 dari Lanud Halim Perdanakusuma tersebut diawaki 24 kru. Mereka berangkat menuju Bali dengan membawa misi pengiriman alat kesehatan.

“Kalau dari kekuatan yang ada ini adalah pengiriman kedua. Dua kali lipat,” jelasnya.

Ditanya terkait gelombang ketiga pengiriman alat kesehatan, Angkatan Udara akan mengirimkan sesuai tahapan dan instruksi dari gugus tugas pemerintah pusat.

“Tentunya dari Panglima TNI sudah ada menginstruksikan bahwa akan melaksanakan pengiriman ini dengan percepatan. Pagi tadi sudah berangkat yang pengiriman kedua,” katanya.

3. Alat kesehatan bantuan Pemerintah Pusat yang diterima Provinsi Bali hari ini akan mulai dibagikan hari Sabtu

[FOTO] Bantuan APD Gelombang Kedua Untuk Bali Telah TibaIDN Times/Ayu Afria

Sedangkan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 melalui Sekretarisnya, I Made Rentin, menjelaskan logistik yang diterima hari Jumat (3/4) ini diperuntukkan dan didistribusikan ke beberapa pihak. Terutama 11 rumah sakit rujukan di Provinsi Bali, stake holder terkait seperti Kesdam, Dokkes, Polda Bali dan beberapa rekan lain, termasuk sembilan kabupaten/kota.

“Nanti kami proyeksikan. Terkait kapan pendistribusian, kalau kami dari satgas selalu mengatakan akan mendistribusikan pada kesempatan pertama. Hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan saat ini kondisi logistik peralatan kesehatan di masing-masing yang kami sebutkan tadi masih cukup dan memadai,” katanya.

Alat kesehatan yang diterima hari ini rencananya didistribusikan pada Sabtu (4/4) esok sampai Senin (6/4). Alat kesehatan tersebut akan didrop di Gudang Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

“Mulai besok kami bergerak untuk membuatkan daftar pendistribusian. Tentu berdasarkan skala prioritas kebutuhan di masing-masing rumah sakit rujukan. Di masing-masing satgas di tingkat kabupaten/kota seluruh Bali,” tutupnya.

4. Jatah alat kesehatan diprioritaskan di RSUP Sanglah

[FOTO] Bantuan APD Gelombang Kedua Untuk Bali Telah TibaDok. IDNTimes/Istimewa

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar diprioritaskan untuk mendapatkan jatah yang lebih banyak saat ini. Sementara Rumah Sakit (RS) Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) Udayana masih dalam persiapan sebagai rumah sakit yang ditunjuk khusus untuk merawat pasien COVID-19 di Provinsi Bali.

“Di RS PTN karena memang perlakukan khusus oleh Bapak Gubernur, ada SK (Surat Keputusan) khususnya. Kami di sana menyiapkan empat lantai. Kurang lebih 400 sampai 450 untuk ketersediaan APD. Itu untuk asumsi satu hati,” jelasnya.

RS PTN yang digadang-gadang akan difungsikan sebelum 7 April 2020 ini masih dalam persiapan. Sampai saat ini, hasil rekrutmen para medis masih mendapatkan 20 orang tenaga perawat saja.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Virus Corona yang Salah Kaprah Menurut Medis

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya